Sekilas Info

Dirlantas Polda Sumbar: Kasat Lantas Harus Kerja Keras

DetakSumbar.com- Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Singgamata menegaskan, telah memerintahkan seluruh Kepala Satuan (Kasat) Lantas di seluruh Sumatera Barat untuk melakukan pengkajian setiap terjadinya kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

“Biasanya kalau ada Kecelakaan Lalu Lintas, anggota hanya melakukan penyidikan terkait tersangka saja. Saat ini seluruh Kasat sudah saya perintahkan untuk melakukan pengkajian,” ujarnya.

Semua Kasat Lantas harus melakukan pengkajian terkait penyebab kecelakaan tersebut, sehingga tidak akan terjadi hal yang sama di tempat yang sama.

“Kecelakaan itu kan banyak faktornya, mulai dari struktur jalan, hingga penyebab kendaraan itu sendiri, faktor pengemudi dan faktor lingkungan. Kalau misalnya penyebabnya jalan yang berlobang, kita juga bisa berkoordinasi dengan Pemerintah setempat untuk memperbaiki,” lanjutnya.

Menurutnya, beberapa lokasi di Sumatera Barat sendiri banyak yang merupakan daerah yang rawan kecelakaan.

“Dari struktur jalan, Sumbar ini kan banyak lokasi yang rawan kecelakaan hingga masyarakat harus ekstra hati-hati,” lanjutnya.

Oleh karena itu, ia meminta seluruh Kasat Lantas agar mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk melakukan pengkajian tersebut.

Ia menambahkan, diharapkan seluruh Kasat Lantas mampu mengubah jalur rawan kecelakaan tersebut menjadi jalur yang tidak lagi rawan kecelakaan. (*)