Headline

Setelah diobservasi, Harimau Sumatera Akan di Lepaskan

 

Detaksumbar.com- Setelah menangkap seekor harimau Sumatera pada Rabu 28 Agustus 2018, Badan Konserfasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat akan melakukan observasi.

“Yang jelas kami akan observasi terlebih dahulu terhadap satwa ini jika ada penyakit maka kami akan mencoba mengobatinya,” ujar Kasi Observasi BKSDA Sumbar, Eka Darmayanti.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan mencari tahu apakah harimau yang telah ditangkap tersebut akan diobservasi terlebih dahulu sebelum memutuskan akan melepaskan ke alam liar.

“Setelah diobservasi, nantinya kemungkinan akan kami lepaskan di tempat rehabilitasi di daerah Dharmasraya,” lanjutnya.

Menurutnya, harimau yang diduga telah memakan ternak masyarakat itu masih dalam keadaan sehat dan tidak mengalami sakit.

“Hingga saat ini keadaannya masih sehat dan kami tentu harus mengetahui kepastiannya dari dokter yang melakukan observasi,” lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa kejadian harimau yang memangsa ternak warga bukan kejadian pertama di Sumatera Barat bahkan di beberapa daerah seperti Pesisir Selatan dan Agam juga terjadi.

“Untuk kasus yang seperti ini sebenarnya sudah ada sebelumnya, sementara untuk di daerah Kota Padang baru terjadi,” sambungnya.