Headline

Bawaslu Sumbar Gelar Upacara Memperingati HUT RI ke 72

DETAKSUMBAR.COM, PADANG- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumbar menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke-72 tahun, Kamis, 17 Agustus 2017 di halaman kantor sekretariat Bawaslu Sumbar, Jalan Pramungka, no. 11, Kota Padang.

Bertindak selaku Pemimpin Upacara, Ketua Bawaslu, elly Yanti sedangkan inspektur upacara, staf Keuangan. Rais Adli. Pengerek bendera merah putih, staf Keuangan, Taufik firdaus, dan dua staf umum, Fitria Nanda sari dan Rinto amarta wiguna.

Unsur Pimpinan di Bawaslu Provinsi Sumbar, yang terdiri dari tiga orang pimpinan, dua Pimpinan yang hadir, Elly Yanti, Surya Efitrimen. serta Kepala Sekretariat Karnalis Kamarudin.

Upacara berlangsung mulai pukul 8.00, diawali dengan gladi bersih sekitar 15 menit sebelum pelaksanaan upacara dimulai. Sebelumnya, Rabu pagi dan sore, semua personel Bawaslu, mengadakan latihan.

Instruktrur upacara, Rais Adli  menyiapkan barisan, “Siaapppp.. grakkk!!,” teriak lantang menyiapkan Barisan, tanda upacara sudah dimulai. Bertindak sebagai MC, staf keuangan Gusma Dya, “Pemimpin upacara, memasuki lapangan upacara,” ujar Gusma.

Pemimpin Upacara, Elly Yanti memasuki lapangan upacara.

“Penghormatan Umum..”, ujar MC, disambut teriakan inspektur upacara,” Kepada pemimpin upacara, hormaatt.. grakk!!,”, seluruh hadirin memberikan penghormatan dan disambut balasan penghormatan oleh pemimpin upacara.

Upacara berlangsung khidmat, pengibaran bendera dimulai, Fitri, Rinto, Taufik dan bergerak menuju tiang bendera, dengan berbaris tegap membawa bendera merah putih untuk dikibarkan pada peringatan HUT RI ke 72 tahun.

“Bendera.. Siap..!!,” ujar Fitri, “Hiduplah.. Indonesia.. Raya..,” dirigen mengawali menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Bendera telah berkibar di kantor Bawaslu Provinsi Sumbar, grup paduan suara, yang terdiri dari beberapa staf, menyiapkan lagu selanjutnya, indonesia raya, 17 aguatus.

Disamping MC, berdiri seorang pembaca naskah Undang-Undang Dasar Tahun 1945, dia staf divisi pencegahan dan Pelangaran, Hemdrix Yonas mulai melangkahkan kaki ke tengah-tengah lapangan upacara.

“Lapor pembacaan teks Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, Siap..!!,”, “Lanjutkan..”,

“Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, Tahun 1945, Pembukaan.. (dan seterusnya…)”

Hendrix selesai membaca, dan kembali ke tempat. Dilanjutkan dengan Pembacaan teks Pancasila oleh Pemimpin Upacara.

Selanjutnya, pemimpin upacara membacakan Pidato, yang intinya mengajak semua warga di Sumbar untuk berkemajuan,”untuk tranparansi” Dan hati – hati dengan monay politik.

Selanjutnya Elly mengatakan agar seluruh  staf Bawaslu Sumbar Juga bekerja dengan baik apalagi Peleg dan Pilpres sudah dekat.

Pembacaan doa oleh staf Keuangan, diki, dia membacakan doa dengan cara islam. “Doa saya pimpin dengan cara Islam, yang beragama lain, silakan menyesuaikan,” ujarnya.

Lepas baca doa, inspektur upacara lapor, “Lapor Upacara selesai, laporan selesai,” ,”kembali ke tempat, bubarkan,” kata pemimpin upacara.

“Kepada pemimpin upacara, hormaaatt.. grak!!,” teriak inspektur upacara, disambut penghormatan seluruh peserta upacara kepada pemimpin upacara.

Pemimpin Upacara meninggalkan lapangan upacara, dan pasukan dibubarkan, “Tanpa penghormatan, Bubar barisan.. jalan.., “, teriak pemimpin upacara, dan upacara pun selesai, disambung dengan foto bersama untuk mengabadikan momen bersejarah ini.(*)