Headline

Paska Minyak Tumpah Nelayan Takut Melaut

DETAKSUMBAR.COM-Dampak tumpahan minyak sawit atau juga disebut dengan crude palm oil(CPO) di teluk bayur kemaren,kamis 28/9, dikeluhkan oleh nelayan sekitar perairan teluk bayur.

seperti yg disampaikan oleh pinda(47) seorang nelayan yg baru saja kmbali dari melaut mengeluhkan atas tumpahan minyak tersebut.

“manjauah ikan dek nyo ” kalimat itu yang diucapkan atas dari rasa kekekhawatiranya kepada wartawanDetaksumbar.com ini.
Serupa dengan pinda,  monik(20) dan iwan(37) yang juga sekembalinya dari melaut,  mengatakan ada pipa minyak dari sebuah perusahaan minyak sawit di area pelabuhan teluk bayur itu yg pecah.

hingga tumpahan minyak sawit itu sudah mulai menyebar dan semakin luas area pencemaranya,. Akibatnya mereka menjauh dari area itu, karena mereka berusaha untuk menghindari mesin perahu mereka dari tumpahan minyak.

Jaring yang seharusnya mereka tebar dari waktu pagi terpaksa hari ini mereka mengurungkan niatnya untuk melaut,  iwan menjelaskan, jika jaring-jaring ini terkena minyak itu akan mengakibatkan jaring tidak bisa digunakan lagi untuk menangkap ikan.

Sampai berita diturunkan belum ada satu nelayanpun yang memprotes kejadian tersebut kepihak yang terkait, dikarenakan belum ada satupun alat tangkapan nelayan yang terkena tumpahan minyak.

Hanya saja Semua nelayan hanya masih mengawasi perkembangan akibat dari tumpahan minyak sawit milik sebuah perusahaan swasta yang bertempat diarea pelabuhan teluk bayur tersebut.(*)