Headline

Berkas Belum Lengkap, KPU Padang Minta PDIP Segera Melengkapi

DETAKSUMBAR.COM–Lima hari jelang ditutupnya masa penyerahan berkas persyaratan calon peserta pemilu 2019, pada 16 Oktober nanti, nyatanya baru satu partai politik (parpol) yang telah selesai serahkan berkas tersebut ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang.

Hal ini diakui anggota KPU Kota Padang dari Divisi Hukum, Riki Eka Putra, yang ditemui di kantornya, Kamis siang (12/10).

“Data yang ada baru satu parpol yang sudah serahkan berkas persyaratannya, yakni Partai Perindo Padang, yang dilakukan pada Selasa (10/10) kemarin,” kata Riki.

Dia menyebutkan, tidak berapa hari lagi atau persisnya lima hari (dihitung sejak Kamis). Lewat tanggal itu, jelasnya, penyerahan berkas persyaratan sebagai calon peserta pemilu tidak lagi bisa.

“Sebab, setelah habis tahapan ini, KPU akan lakukan tahapan pemeriksaan atau penelitian berkas parpol yang sudah serahkan dokumen,” ujar Riki.

Meski belum semuanya parpol  menyerah berkasnya, tapi dirinya memperkirakan mungkin sampai saat ini proses dari sejumlah parpol masih melakukan penghimpunan data, kartu tanda anggota (KTA) dan KTP anggota.

Sementara, pada Kamis siang tadi, pengurus DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Padang, awalnya akan menyerahkan berkas persyaratan parpolnya kepada KPU Kota Padang,

Partai ini datang ke KPU sekitar pukul 10.12 dengan jumlah anggota beberapa orang diantaranya Wakil ketua DPC, Wisma Panjaitan, Wakil Sekretaris, Delison Monte, Bendahara partai, Desyontori dan Wakil ketua Aprianto, sambil membawa dokumen yang berisikan keanggotaan partai itu hingga ke tingkat ranting.

Namun beberapa waktu setelah KPU memeriksa isi berkas yang dibawa pengurus partai itu nyatanya ada berkas yang belum lengkap. Hal itu terkait 20 buah KTA yang tidak sesuai isinya atau tidak singkron dengan Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) yang ada di KPU.

Atas ketidaksinkronisasi data KTA itu, KPU meminta agar parpol ini untuk kembali memperbaiki atau melengkapi sebelum diserahkan ke KPU.

Bendahara DPC PDIP Kota Padang, Desyontori menyebutkan memang ada berkas yang harus diperbaiki, tapi tidak banyak. “Itu cuma menyangkut KTA dari anggota partai kami yang tidak bisa disinkronkan dengan SIPOL. Dan ada pun jumlah anggota yang didaftarkan PDIP Padang sebanyak 946 orang,” kata Desyontori.

Mendapati kenyataan itu, DPC PDIP Padang harus kembali lagi ke KPU Padang untuk menyerahkan berkas persyaratan itu. “Mungkin dalam satu dua hari ini kami akan kembali lagi ke kpu Padang sembari membawa berkas yang sudah diperbaiki,” kata Desyontori.¬† (Buana)