Headline

Anggota DPRD Sumbar Menggali Sejarah Budaya Minangkabau di Belanda

DetakSumbar.com- Meski terjadi pro dan kontra soal perjalanan dinas anggota DPRD Sumbar ke luar negeri di tengah masyarakat, namun anggota dewan ini tetap melaksanakan kunker luar negeri. Jika sebelumnya pada 5 Oktober, tiga anggota dewan ke Jerman. Lalu, ada juga ke Hawai, Amerika pada 30 Oktober selama tujuh hari.

Tak hanya itu, pada 4-9 Desember mendatang lima anggota DPRD Sumbar bakal menuju Belanda. Mereka berangkat bersama Pemprov Sumbar. Yakni atas ajakan dari Dinas Arsip dan Perpusatakaan Sumbar. Lima anggota DPRD tersebut yakni Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius dari partai Demokrat. Marlina Suswati dari Golkar yang juga Wakil Ketua Komisi V, Saidal Masfiyudin dari Golkar yang juga anggota Komisi V, ada juga Sabar AS dari Demokrat yang juga anggota Komisi V, dan Rizanto Algamar dari PDI Perjungan yang juga anggota Komisi V.

Hal ini disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Keuangan DPRD Sumbar Rismunandi,16/11). Disampaikannya kunjungan kerja ini atas ajakan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar. Ada lima anggota dewan yang bakal berangkat. Namun dia belum bisa memastikan apakah lima anggota dewan ini pasti berangkat.
Pasalnya saat ini, porses pengajuan izin masih dilakukan ke Kemendagri. “Memang benar tanggal 4 Desember ada rencana anggota dewan ke Belanda. Kami masih memproses izin dari Kemendagri,” katanya.

Rismunandi mengaku tak tahu pasti apa agenda ke Belanda itu. Namun secara garis besar, dia menyebutkan anggota dewan ikut mendampingi dinas tersebut dalam menggali sejarah dan budaya Minangkabau di Belanda. Persisnya di Universitas Leiden Belanda.

“Kalau tak salah juga berkaitan dengan naskah kuno. Yang semuanya berkaitan tentang kebudayaan Minangkabau. Termasuk sejarah Imam Bonjol dan sejumlah tokoh lainnya,” katanya.

Dia juga meminta Media untuk meminta penjelasan lebih lanjut pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar Alwis. ”Untuk agenda lebih rinci dinas yang mengetahui,” katanya.

Ketika ditanya soal anggaran Rismunandi belum bisa menyebutkan secara rinci. Katanya masih dalam kajian soal anggaran ini. Namun dia menyebutkan angaran yang digunakan, jumlahnya berbeda ketika kunjungan dewan ke Jerman pada Oktober lalu.

”Bisa saja berlebih atau berkurang. Misalnya untuk tiket, tergantung kurs dolar dan rupiah. Begitu juga untuk lainnya,” katanya.

Untuk diketahui, anggaran yang digunakan tiga anggota dewan ke Jerman pada Oktober lalu itu berjumlah Rp 58 juta. Artinya setiap anggota dewan menghabiskan dana Rp 19,3 juta. Tiga anggota dewan yang ke Jerman itu adalah , Afrizal Ketua Komisi III dari Golkar, Novrizon Sekertaris Komisi II dari Demokrat dan Ismunandi Sofyan Sekertaris III DPRD Sumbar dari Gerindra. Anggota dewan ini mendampingi dua organisasi pemerintah daerah (OPD) Pemprov yaitu Dinas kebudayaan dan Pariwisata mengikuti pameran ANUGA food Fair 2017 di Cologne Jerman 7-11 Oktober 2017.

Sedangkan anggota dewan yang berangkat ke Hawai sebanyak tiga orang. Anggota dewan itu yakni Erman Mawardi dari PAN anggota Komisi IV, Yulfitni Djasiran dari Golkar, Sekretaris Komisi IV dan Ahmad Khaidir dari Gerindra, anggota Komisi IV. Mereka ini diajak Balitbag Sumbar. (*)