Headline

Segera Ajukan Angaran Untuk Perbaikan Embung untuk Kepentingan Masyarakat

Komisi IV DPRD Sumbar kunjungi Embung milik Balai Sungai Sumatera V di Sungai Bawak, Kecamatan Kamang Mangek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Kedatangan Tersebut atas permintaan masyarakat bahwa Embung milik Balai Sungai Sumatera V di Sungai Bawak, Jorong Pauh, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat tidak berfungsi.

Kondisi itu diketahui setelah Komisi IV DPRD Sumbar meninjau langsung ke lokasi, Rabu (19/7).

Peninjauan dilakukan setelah adanya permintaan dari masyarakat setempat yang sangat membutuhkan keberadaan embung untuk mengaliri sawahnya. Pasalnya, saat ini di Kamang Magek sedang musim kemarau sehingga masyarakat membutuhkan embung untuk mengaliri sawahnya.

“Sudah lama tidak berfungsi. Sekitar tahun 2008 lalu. Selama ini sawah lancar-lancar saja karena cukup air, namun sekarang musim kemarau sehingga kami membutuhkan embung untuk mengairi sawah kami,” kata tokoh masyarakat Kamang Magek, Muchtar Dt Tumenggung di lokasi embung.

Ketua KAN Kamang Magek itu menyebutkan keberadaan embung sangat membantu masyarakat setempat. Bukan hanya untuk pengairan namun juga membantu pembukaan akses jalan.

Sementara Ketua Komisi IV DPRD Sumbar H. M. Nurnas mengakui pihaknya ke lapangan setelah mendapatkan aspirasi masyarakat yang mengeluhkan tidak berfungsinya embung itu

“Sangat ironis sekali. Sejak 2008 rusak baru sekarang dilihat. Untuk itu kami minta Balai Sungai Sumatera V untuk melakukan evaluasi. Setelah itu segera diperbaiki,” katanya.

Sementara Pelaksana Teknis Balai Sungai Sumatera V, Nalfian menyebutkan embung itu dibangun pada tahun 2004 lalu dan siapnya tahun 2007. Proyek tersebut dianggarkan dari dana APBN dengan total sekitar Rp6 miliar.

“Embung itu dibangun dengan fungsi konservasi dan pengairan. Setelah melihat kondisi ini, kita akan melakukan evaluasi dan segera mengajukan anggaran untuk perbaikan,” kata Nalfian.(riki)