Pilkada

Alumni Unand Jangan Gamang Rebut Pasar Kerja

Padang,—1270 mahasiswa Unand Sabtu kemarin resmi menyandang gelar keserjanaan dan otomatis menjadi anggota Ikatan Alumni (IKA) Unand.

Sehingganya di setiap wisuda Unand sslalu ada prosesi serah terima mahasiswa wisuda kepada IKA Unand, Sabtu 25/8 siang kemarin itu, wisuda ketiga tahun 2018 sarjana baru Unand diterima oleh Ketua Harian DPP IKA Unand Surya Tri Harto mewakiki Ketua Umum DPP IKA Unand Asman Abnur.

Surya pada sambutan selamat datang alumni baru mengharapkan para wisudawan bersyukur atas torehan prestasi yang diraih.

“Para lulusan yang segera akan menjadi anggota komunitas Ikatan Alumni Universitas Andalas harus bersyukur percaya diri dalam berkiprah sebagai lulusan dari salah satu Universitas yang masuk 10 Universitas terbaik di Indonesia,”ujar Ir H Surya Tri Harto MT, MBA pada sambutan pasca penyerahan lulusan baru Unand dalam Wisuda III Unand di Kampus Limau Manis.

“Peran alumni sangat penting untuk pengembangan universitas. Semua alumni dapat memberikan dukungan dalam berbagai aspek yang bermanfaat bagi para siswa, lulusan, alumni, universitas dan masyarakat,”ujar Surya menambahkan.

Wakil Ketua Umum sekaligus Ketua Harian IKA Unand ini juga memberi motivasi alumni baru untuk persiapkan diri terus untuk merebut pasar kerja.

“Alumni baru Unand jangan pernah gamang dengan ketersediaan pasar kerja kekinian. Tetapi, ayo siapkan diri dan berusaha, karena tamatan Unand selalu menjadi prioritas pilihan lapangan kerja nasional maupun regional,”ujar Surya.

Surya Tri Harto menekankan kepada lulusan baru tentang peran lulusan sebagai alumni setelah menamatkan studi.

Pendapat alumni dalam pengembangan universitas dan solusi yang diusulkan untuk tantangan yang dihadapi universitas sangat dihargai oleh universitas dalam mencapai visi dan misinya.

“Alumni adalah aset bagi universitas, dan kontribusi serta keterlibatan mereka dapat secara signifikan meningkatkan reputasi universitas secara nasional dan internasional,”ujarnya.

Akhirnya, dalam rangka memperkuat pembangunan negara dan bangsa, alumni yang berhasil dapat menjadi model sosial untuk persatuan masyarakat dan faktor pendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan.

“Sebagai lulusan Universitas Andalas, berkewajiban menjaga dan memastikan lulusan berkontribusi signifikan untuk kejayaan bangsa sesuai moto Universitas Andalas,”ujarnya.

Pada wisuda ketiga 2018, dan diserahkan kepada DPP IKA Unand, 1270 wisudawan dan wisudawati. “Penyerahan ini adalah pernyataan universitas, untuk databasenya, semua alumni Unand kami harapka segera bergabung ke dalam komunitas alumni dengan mendaftar di web.ikaunand.org,”uajr Surya.

Pada prosesi wisudawan Sabtu kemarin juga hadir Ketua Dewan Penyantun Universitas Andalas H. Syahrul Ujud SH, alumni Fakuktas Hukum mantan Walikota Padang dan kini staf Wapres Jusuf Kalla berkesempatan memberikan pembekalan latar belakang spirit pendirian Universitas Andalas dengan pasang surut sampai tanggung jawab untuk menjaga reputasi Unand sebagai 10 Universitas Terbaik di Indonesia.(rilis: humas/dpp-ikaunand)