Headline

Anggota DPR RI Refrizal Dukung Perkembangan Keuangan Syariah

DetakSumbar.com-Pariaman РAcara seminar tentang Ekonomi Syariah yang diselenggarakan oleh Yayasan Cinta Indonesia Sejahtera bekerjasama dengan Bank Indonesia. Acara diselenggarakan pada Kamis (22/2).

Acara bertema Mari Jayakan Bangsa dengan Ekonomi Syariah yang di gelar di Gedung Pertemuan Saiyo, Pariaman.

Hadir sebagai pembicara Edi Fairuzabadi (Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia) dan Anggota DPR RI asal PKS H. Refrizal.

Dalam paparannya H. Refrizal menyampaikan tentang besarnya potensi keuangan umat bila dikelola dengan tepat.

“Market share keuangan syariah di Indonesia belum mencapai 10%. Data 2017, share keuangan syariah baru mencapai 8,01% sebelumnya hanya dikisaran 5,03%. Sebagai negara dengan jumlah populasi Muslim terbesar di dunia tentu ini sangat kecil” ungkap Refrizal

Selain itu Refrizal juga berpendapat untuk mempercepat pertumbuhan aset keuangan syariah secara nasional, ada baiknya mengubah beberapa bentuk lembaga keuangan konvensional yang ada saat ini menjadi syariah.

“Pertumbuhan anorganik dengan mengubah bentuk operasional lembaga keuangan konvensional menjadi syariah ternyata memberikan pertumbuhan aset yang sangat signifikan, seperti halnya Bank Pemda di Aceh. Saya pikir dibeberapa daerah hal ini bisa juga dilakukan” pungkas Refrizal.

Refrizal juga mengungkapkan bahwa trend dunia saat ini industri keuangan syariah mulai dilirik.

“Industri keuangan kita harus menangkap momen tren keuangan syariah sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh umat. Jangan malah negara lain seperti Singapura saja yang memanfaatkan” tutup politisi asal dapil Sumbar 2 ini.

Acara yang dihadiri oleh 200 peserta dari berbagai kalangan ini ditutup dengan hiburan dari Musisi lokal asal Pariaman, Irwan Hasan. (*)