Headline

Bawaslu Mulai Kesal, Caleg “Mada”Masih Saja Bergelantungan di Tempat Terlarang

Detaksumbar.com- Padang,-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar imbau mayarakat untuk berikan penilaian tersendiri kepada Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang tidak mengindahkan aturan pemasangan Alat peraga kamapanye (APK) yang dipasangkan sembarangan. Padahal sudah ditertibkan tetapi masih dipasang lagi.

Hal ini disampaikan Anggota Bawaslu Sumbar Vifner menanggapi adanya sejumlah oknum Caleg di berbagai Partai Politik yang masih memasangkan APK walaupun sudah di tertibkan oleh pihak Bawaslu.

“Semua Kabupaten/Kota sudah bergerak dan menertibkan APK peserta pemilu tersebut. Namun satu hari setelah itu dipasang lagi, seolah-olah peserta pemilu sengaja melawan aturan yang sudah ditetapkan sesuai dengan udang-undang tentang pemilu,” kata Vifner, Rabu (20/2) saat dihubungi.

Ia mengatakan, tidak mungkin Bawaslu melakukan penertiban setiap hari. Karena untuk melakukan penertiban itu harus dilakukan rapat koorniasi terlebih hadahulu dengan pihak Satpol PP.

“Jadi bukan kami tidak lakukan
penertiban, memang oknum caleg itu yang tetap bandel. Untuk hal yang seperti ini kami serahkan lah kepada masyarakat untuk melakukan penilaian. Apakah orang seperti itu pantas dipilih atau tidak sebagai pemimpin,”katanya.

Tidak hanya itu, pihak Bawaslu Sumbar juga akan melakukan kerja sama dengan pihak Pehubungan dan kepolisian untuk menertibkan oknum caleg yang memasangkan APK di angkutan umum. Karena pemasangan APK diangkutan umum termasuk dilarang berdasarkan PKPU.

“Kami Bawaslu tidak mempunyai kewenangan untuk memberhentikan mobil dijalanan, makanya kami akan koordinasikan dengan pihak Lantas dan Perhubungan, apakah dengan cara merahazia atau dengan cara lain, sehingga APK yang menempel pada angkutan umum itu bisa ditertibkan,” katanya.

Hampir diseluruh pelosok daerah di Sumbar APK caleg dari berbagai parpol ditempelkan ke pohon sepanjang jalan. Sementara, pada anggkutan umum juga demikian termasuk di Kota Padang sendiri. Banyak angkotan kota (Angkot) yang merupakan moda transportasi umum dipasangkan APK caleg yang bermompetinsi dalam pemilu 2019 mendatang.(Romelt)