Headline

BUMNag di Pessel Kembangkan Usaha di Sektor Pariwisata

 

Detaksumbar.com – Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Bersama Jaya Tarusan di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan kembangkan usaha dari sektor kepariwisataan dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat di daerah setempat.

Pengembangan usaha sektor kepariwisataan ini dilakukan setelah sebelumnya BUMNag Jaya Tarusan mendapatkan berbagai bantuan program dari Kemendes PDTT. Berbagai kegiatan dilakukan diantaranya peningkatan wahana laut dan tempat rekreasi bermain lain untuk menggenjot usaha BUMNag.

“Seperti saat ini, wahana laut kami sudah 2 unit, speedboat 2 unit, banana boat 2 unit, donaldboat 1 unit, aqua gon 1 unit, balon air 1 unit serta boat pariwisata 1 unit. Dan kemajuan ini sudah mulai terasa untuk usaha BUMNag Jaya Tarusan,” sebut Ketua BUMNag Bersama Tarusan Jaya, Jhon Kennedy ┬áSenin 27 Agustus 2018.

Dalam pengembangan ini, BUMNag Jaya Tarusan juga melibatkan pelaku ekonomi yang ada di daerah ini. Dan tahun berikutnya, BUMNag Jaya Tarusan akan terus melakukan gebrakan melalui bantuan Kemendes PDTT untuk ekonomi masyarakat.

“Saat ini sudah tergabung 23 nagari yang akan memberikan penyertaan modal kepada BUM Nagari Bersama Tarusan Jaya, dan kami akan fasilitasi, apa produk unggulan dari masing-masing nagari dan kelompok masyarakatnya. Kedepannya kami juga akan mengupayakan, bagaimana bisa terus merambah ke sektor peningkatan ekonomi rakyat sesuai dengan potensi yang ada di Tarusan,” terangnya.

Lanjutnya, pengembangan sektor pariwasata di Tarusan yang menjadi skala prioritas adalah Nagari Sungai Nyalo, Kecamatan Koto XI Tarusan. Di mana, sejak mulai pengembangan usaha BUMNag, sudah mampu menembus angka kunjungan 10 ribu wisatawan setiap minggunya.

“Perminggunya minimal kami mampu menampung 10 ribu pengunjung yang mayoritas berasal dari Sumatera Barat dan juga Riau,” sebutnya.

Selain dari itu, ia berharap kepada seluruh unsur masyarakat dan pemerintah.

“Kami yakin, usahan BUMNag ini bisa. Jika terus mendapatkan dukungan penuh dari semua kalangan masyarakat dan pemerintah,” pungkasnya.()