Headline

Data Tim Pemenangan PKS Bukittinggi, Erman Safar-Marfendi Unggul di Pilkada 2020

Konferensi Pers Koalisi Bukittinggi Hebat

Bukittinggi – Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi Terpilih, Erman Safar – Marfendi, unggul di 2 Kecamatan dari 3 Kecamatan Kota Bukittinggi di Pilkada Serentak Tahun 2020.

Hal ini berdasarkan perolehan data perhitungan suara cepat (Real Count) atau dari lembar C1 per TPS di 3 Kecamatan yang dihimpun oleh Tim Relawan PKS Bukittinggi yang menjadi bagian Koalisi Hebat 3 Partai yang mengusung pasangan Erman Safar – Marfendi yakni, Partai Gerindra, PKS dan Partai Golkar.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua PKS Bukittinggi, Nur Hasra saat acara konferensi pers di salah satu restoran ternama, di Belakang Balok, Kota Bukittinggi pada hari Jumat siang (11/12).

Menurut Nur Hasra, berdasarkan perhitungan suara cepat (Real Count) Tim PKS di 3 Kecamatan Bukittinggi, perolehan suara pasangan Erman Safar – Marfendi unggul di Kecamatan Guguak Panjang dan Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh dan kalah tipis dari pasangan Ramlan Nurmatias – Syahrizal di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan.

Hadir dalam acara konferensi pers tersebut diantaranya, Pasangan Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi Terpilih, Erman Safar – Marfendi, Ketua Penasehat Tim Pemenangan Koalisi Hebat Yulman Hadi, Wakil Ketua DPRD Kota Bukittinggi sekaligus Ketua PKS Bukittinggi Nur Hasra bersama Fraksi PKS Bukittinggi, Ketua Partai Golkar Bukittinggi John Edward bersama Fraksi Partai Golkar Bukittinggi, Ketua DPRD Kota Bukittinggi Herman Sofyan bersama Fraksi Partai Gerindra Bukittinggi, Ketua Tim Pemenangan Erman Safar Dedi Chandra, Juru Kampanye Tasmon dan M. Hidayat Rajo, Tokoh Masyarakat serta puluhan insan pers Kota Bukittinggi.

Lanjut Nur Hasra, berdasarkan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 77.656 pemilih, masyarakat yang menggunakan hak suara yang sah hanya sebanyak 55.530 pemilih (71%) di 3 Kecamatan Kota Bukittinggi.

Berikut perhitungan prosentase perolehan suara sah masing-masing paslon di 79 TPS di Kecamatan Guguak Panjang, yaitu:

1. Ramlan-Syahrizal sebanyak 38,30%.

2. Erman Safar-Marfendi sebanyak 42,11%.

3. Irwandi-David sebayak 14,59%.

Sementara prosentase perhitungan perolehan suara di 54 TPS di Kecamatan Aua Birugo Tigo Baleh (ABTB), yaitu:

1. Ramlan-Syahrizal sebanyak 39,97%.

2. Erman Safar-Marfendi sebanyak 44,92%.

3. Irwandi-David sebanyak 15,11%.

Kemudian prosentase perhitungan perolehan suara di 100 TPS di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS), yaitu:

1. Ramlan-Syahrizal sebanyak 43,59%.

2. Erman Safar-Marfendi sebanyak 42,25%.

3. Irwandi-David sebanyak 14,16%.

Total perolehan suara sah pemilih Kota Bukittinggi di pilkada 2020, yaitu:

1. Erman Safar-Marfendi sebayak 24.720 pemilih (44,52%).

2. Ramlan-Syahrizal 22.751 pemilih (40,97%).

3. Irwandi-David 8.059 pemilih (14,51%).

 

Usai Ketua PKS Bukittinggi membacakan perolehan suara, Walikota Bukittinggi Terpilih Erman Safar, mengungkapkan, “Kami lebih utama mengucapkan mohon maaf terlebih dahulu, kami siap membuka diri untuk bertanggung jawab dan bekerja untuk seluruh masyarakat Kota Bukittinggi.”

 

Selain itu, Wakil Walikota Terpilih, Marfendi juga mengatakan bahwa setelah dilantik sebagai Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi, kami berharap seluruh masyarakat dan media baik cetak maupun elektronik mengawal kinerja kami, sebab jabatan adalah amanah yang harus ditunaikan dengan sebaik-baiknya, sebab ini akan di pertanggung jawabakan nantinya di akhirat. (rir)