Headline

Edriana Mendaftar Ke Partai Nasdem

PADANG,–Edriana mulai gencar membangun komunikasi politik dengan partai politik (parpol) lain di Sumbar. Sepanjang Kamis (5/12), mantan Juru Bicara (Jubir) Anies-Sandi pada Pilkada DKI itu bertandang ke Kantor DPW Partai Nasdem Sumbar dan DPW PPP Sumbar, untuk menegaskan niat maju sebagai bakal calon gubernur (bacagub) Sumbar pada Pilkada 2020 mendatang.

Kantor DPW Partai Nasdem Sumbar menjadi tempat pertama yang dipijaki Direktur Women Research Insitute (WRI) tersebut. Kedatangan Edriana disambut Sekretaris DPW Nasdem Sumbar Muzmaizer Datuak Gamuak, Wakil Ketua DPW Nasdem, Masful, panitia penjaringan balon kepala daerah, Endarmy, dan sejumlah kader Nasdem lainnya.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Nasdem Sumbar, Masful menyebutkan, Nasdem tidak memberikan banyak syarat kepada siapa pun yang menghendaki tiket pencalonan kepala daerah dari Nasdem. Namun, usaha para calon yang mendaftar untuk mengenalkan diri kepada publik akan sangat mempengaruhi tingkat keterpilihan calon di masa penjaringan oleh partai.

“Langkah Buk Edriana mendaftar ke Nasdem sudah tepat. Pilkada sudah digelar sejak 2005, baru kali ini ada perempuan yang berani maju di Pilkada Sumbar. Sementara di daerah lain di Indonesia sudah banyak perempuan yang jadi kepala daerah. Minangkabau dikenal dengan matriakatnya. Negeri Bundo Kanduang. Melihat kontestasi pada Pileg lalu, maka saya rasa untuk Pilkada pun perempuan sangat layak diperhitungkan,” kata Masful.

Masful juga menyebutkan, jika seluruh wanita memilih calon wanita, maka sudah dipastikan akan menang pada Pilkada di Sumbar. Ditambah lagi, hubungan Gerindra dan Nasdem tak bersekat, sehingga persatuan di level nasional itu juga layak dibawa ke Sumbar. “Jika nanti Edriana deklarasi, nanti dari Nasdem akan datang,” katanya menutup.

Sementara itu, Sekretaris DPW Nasdem Sumbar, Muzmaizer Datuak Gamuak menyebutkan, hingga saat ini sudah 12 tokoh yang mengajukan diri untuk ikut dalam penjaringan bacagub dan bacawagub Sumbar di Partai Nasdem. Hingga saat ini, peluang mengajukan pendaftaran ke Gerindra juga masih terbuka karena ada pergeseran kepengurusan di tingkat DPP.

“Sebetulnya sudah tutup, tapi karena ada penggeseran kepengurusan di pusat, maka DPW Nasdem diberi keleluasaan. Mungkin dalam waktu dekat akan ditutup dan diproses. Buk Edriana ini tokoh ke-12 yang datang,” sebut Datuak Gamuak.