Headline

Empat Unit Bagunan dibongkar Sat Pol PP Kota Padang

Detaksumbar.com- Empat unit bangunan semi permanen yang berdiri di badan jalan, di Jalan Sebereng Padang Kecamatan Padang Barat, dibongkar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) Kota Padang, Rabu 26 September 2018.

“Kami membongkar empat bangunan ini karena melanggar Perda no 11 tahun 2005. Bangunan ini menutup fasilitas umum,” ungkap Kabid P3D, Sat Pol PP Padang, Eka Putra Bahari.

“Masyarakat jelas mendirikan bangunannya di atas badan jalan dan mengakibatkan penyempitan terhadap badan jalan. Jadi warga yang menggunakan jalan tersebut menjadi terganggu,” tambahnya.

Tambahnya, eksekusi dilakukan karena peringatan ataupun perintah bongkar sendiri sudah melampaui batas waktu yang ditentukan. Jatuh tempo sendiri tercatat pada Selasa 25 September lalu. Dalam penertiban, selain Pol PP, juga melibatkan Pihak Kecamatan Padang Selatan dan SK4 Pemko Padang.

“Bangunan ini sudah lama berdiri. Sebelumnya kami sudah ingatkan secara persuasif, untuk membongkar bangunannya sendiri, namun tidak diindahkan. Tujuan kita untuk mengembalikan jalan tersebut sesuai fungsinya, bukan untuk berjualan,” ujarnya.

Terpisah, agar masyarakat tidak mengalami kerugian, Kasat Pol PP Padang, Yadrison menyerukan, untuk masyarakat bijaksana dalam membangun sesuatu.

“Kami mengimbau masyarakat untuk memperhatikan lokasi saat membangun. Sebab, tentu akan rugi, jika dibangun, namun tidak bisa dipakai lama. Waktu, tenaga dan biaya tentu akan tersita,” imbauannya.

“Kita tegas, jika ada pelanggaran, akan ditindak,” pungkasnya menambah.