Headline

Fakhrizal: Selamat Hari Jadi Tiga Kabupaten Hebat di Sumbar

Padang,— Senin 7 Januari tidak sembarang hari bagi tiga kabupaten di Sumbar.

Dharmasraya, Solok Selatan dan Pasaman Barat, tiga kabupaten sama-sama berhari jadi yakni 7 Januari, Senin besok genap berusia 16 tahun.

Tiga kabupaten itu menurut Irjen Pol Fakhrizal merupakan daerah potensial, Dharmasraya, Pasaman Barat dan Solok Selatan termasuk soko-guru ekonomi Sumbar di sektor perkebunan, Selamat berhari jadi Solok Selatan, Dharmasraya dan Pasaman Barat.

“Potensi sawit luar biasa di Pasaman Barat, Dharmasraya dan Solok Selatan, hasil sawit ketiga daerah itu mampu menunjang pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Termasuk merekrut tenaga kerja sektor perkebunan,” ujar Irjen Pol Fakhrizal Senin 6/1 di sela minum kopi di Nanyo Baru Pondok Padang.

Fakhrizal disebut calon kuat Cagub Sumbar 2020 berpasangan dengan Wako Pariaman Genius Umar maju di calon perseorangan atau independen mengatakan, potensi tiga kabupaten berusia 16 tahun itu tentu harus terus ditingkatkan.

“Memang banyak keluhan dialami masyarakat perkebunan sawit, apalagi saat harga buah sawit jatuh, sulitnya harga berpatok ke Eropah. Kedepan harus ada terobosan inovasi untuk membangun pabrik beraneka varian dari sawit di daerah sentral kebun tersebut. Sehingga harga buah sawit stabil. tidak ikut tergerus pula krema turunnya harga sawit dunia,”ujar Fakhrizal.

Selain itu ketiga daerah punya demografi penduduk yang mirip bahkan dua kabupaten Dharmasraya dan Pasbar termasuk juga Solok Selatan dulunya jadi daerah tansmigrasi Jawa ke Sumatera Barat.

“Hari ini kita berbangga karena banyak kisah warga transmigrasi yang sukses dibanyak sektor, syukur kita meski tiga kabupaten beraneka etnis namun semangat pluarlisme begitu kental, memperkukuh semangat NKRI harga mati,” ujar Fakhrizal yang hampir tiga tahun memimpin Polda Sumbar sebelum pindah sebagai Analisis Kebijakan di Mabes Polri.

16 tahun usia puber bagi remaja, tapi bagi tiga daerah tadi, 16 tahun kata Fakhrizal adalah usia yang sangat bersemangat untuk maju dan sejajar dengan kabupaten lain di Indonesia

“Selamat hari jadi untuk Solok Selatan, Dharmasraya dan Pasaman Barat, jaya dan berkibarlah terus bersatu untuk maju utama sekali,”ujar Fakhrizal yang tagline ke Cagub Sumbar 2020 ‘Bersatu untuk Sumbar Maju’.