Headline

Gelar Operasi Rutin, Mazwanda: Sasaran Utama Kelengkapan Dokumen Berkendara

DetakSumbar.com- Padang Aro- Satuan Polisi Lalu Lintas ( Satlantas ) Kepolisian Resort (Polres) Solok Selatan menggelar Operasi Rutin dijalan Protokol Padang Aro Rabu,15/2.

Kasatlantas Polres Solok Selatan AKP. Mazwanda mengatakan operasi ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi aturan dijalan raya.

“Himbauan dan sosialisasi untuk melengkapi dokumen berkendara telah sering dilakukan, Kami masih fokus pada kelengkapan dokumen tersebut seperti SIM dan STNK”, Kata Mazwanda Rabu, 15/2.

Dari Gelar Operasi Rutin ini imbuhnya, sebanyak 38 kendaraan ditilang, dengan barang bukti (BB) berupa 12 SIM dan 20 STNK , ditambah enam unit kendaraan Roda dua karena pada saat penindakan tidak mampu menunjukkan satupun dokumen kendaraan.

“Jika tidak memiliki salah satu dokumen seperti SIM dan STNK yang dijadikan BB salah satu dari dokumen tersebut, namun jika tidak bisa menunjukkan keduanya maka yang ditahan adalah kendaraan”, Ujarnya.

Kedepan katanya, penindakan bukan hanya sebatas dokumen namun akan lebih ditingkatkan kepada kelengkapan kendaraan tersebut.

“Sebagai daerah baru penindakan terhadap pengendara kami lakukan secara bertahap, untuk itu kami mengimbau masyarakat agar segera melengkapi dokumen, serta pasang kelengkapan kendaraan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan saat berkendara”, Katanya.

Ia mengungkapkan dalam setiap gelar operasi yang di lakukan pihaknya tidak menemukan kendala dilapangan.

“Pimpinan sangat mendukung, tidak ada intervensi dari pihak manapun, semua pengendara diperlakukan sama sesuai aturan yang berlaku”,Jelasnya.

Ia melanjutkan efek positif dari setiap gelar operasi yang dilakukan satlantas adalah menurunnya angka kecelakaan setiap tahunnya.

“Pada tahun 2016 terjadi 39 kecelakaan dan ditahun 2017 turun menjadi 29 kecelakaan”, Katanya

Dalam operasi rutin kali ini pihaknya turun lansung kelapangan bersama 14 personil ditambah empat orang dari Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ).

Ia mengungkapkan untuk mempermudah koordinasi dalam pengaturan lalu lintas pihaknya juga melaksanakan apel gabungan setiap rabu pagi dengan pihak DLLAJ Kabupaten Solok Selatan.

“Apel gabungan sekali dalam seminggu telah empat kali kami lakukan, hal ini penting dan membantu, karena masih minimnya personil yang ada”, pungkasnya. (Kaka)