Headline

Gendrang Pilkada Ditabuh, “Pertempuran” Dimulai

Padang- Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 dimulai, dengan ditandai lounching serentak di GOR H. Agus Salim Padang, Minggu (12/1/2020), pertanda “pertempuran” dimulai,dihadiri ribuan masyarakat yang awali dengan senam massal.

Selain dihadiri ribuan masyarakat, lounching juga dihadiri semua kimisioner provinsi dan kabupaten/kota, Bawaslu, komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tantowi Wagub Nasrul Abit, Wakapolda Beigjend Ruri Sumadianto, wakil ketua DPRD Suwirpen Suib, dan kepala skpd dilingkungan provinsi Sumatera Barat.

Dalam kesempatan tersebut ketua KPU Sumbar Amnasmen menegaskan, sudah siap untuk melaksanakan pilkada, khususnya pemilihan gubernur Sumatera Barat.

KPU sudah menyiapkan semua komponen pendukung dalam pelaksanaan pilkada serentak, dalam waktu dekat rekrutmen PPK dan PPS selesai dilakukan.

“Kita sudah siap untuk menyelenggarakan pilkada serentak, khususnya pilgub, saat ini kita sedang merekrut penyelenggara adhock yang diserahkan seleksinya pasa KPU kabupaten dan kota,” tegas Amnasmen.

Selain Amnasmen, kesiapan untuk mengawasi pilkada juga dinyatakan ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen.

Sejalan dengan pernyataan ketua KPU Sumbar, komisioner KPU-RI Promono Ubai Tantowi, berkeyakinan kalau jajarannya sampai ketingkat bawah siap untuk menyelenggarakan.

“Kami dari KPU-RI berkeyakinan semua jajaran penyelenggara sudah siap, dan kami juga yakin semua pihak akan membantu suksesnya pilkada serentak ini,” ujar Ubay mantap.

Selain keyakinan penyelenggara, yang dilaksanakan KPU maupun Bawaslu bisa berjalan baik, wakil gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, menghimbau pada semua peserta dan pemilih, untuk menghindari hoax serta saling menjelekkan.

“Kita himbau semua lapisan masyarakat, baik calon, team pemenangan, maupun pemilih, agar jangan saling menjelekkan dengan cara melempar hoax atau black compain,” pinta Nasrul Abit.

Ditambahkannya, semua pihak agar “bertempur” dengan cara yang gentleman, menjual program nyata untuk masyarakat

Lounching pilkada berjalan dengan baik, walaupun sempat diselingi dengan gerimis ringan

Peluncuran jinggle, maskot dan sidarlih, tanpa ada kendala, ditandai dengan pemukulan gendang tasa serta pelepasan balon ke udara oleh Komisioner KPU-RI, ketua KPU Sumbar, ketua Bawaslu Sumbar, Wakil Gubernur dan wakil ketua DPRD.(Nov)