Headline

Guru Honorer dihargai 35.000 Perjam

Detaksumbar.com- Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman Bur menjelaskan, saat ini Pemprov Sumbar memiliki 3.162 orang tenaga honor guru SMA dan SMK, ditambah 1300 staf.

Honorer untuk tenaga pendidik dihargai Rp 35.000 perjam. Untuk jatah jam diatur sekolah agar adil bagi antara honorer baru dan yang sudah lama mengabdi. Dibayarkan tiap bulan.

“Gaji kami bayar tiap bulan, kecuali awal tahun agak ada keterlambatan sebab ABPD belum cair,” katanya,Selasa, 25 September 2018.

Dijelaskannya, penggajian mereka dianggarkan melalui APBD Provinsi dengan ketentuan tertentu seperti ada usulan kebutuhan sekolah.

“Jadi perlu dipahami, Honorer itu ada yang dibayar melalui dana komite ada yang dengan APBD Provinsi,” ujarnya,

Dilanjutkan Burhasman, kalau mereka digaji dengan dana komite tentu sesuai kemampuan dana komite, kalau dengan APBD tentu masuk dalam penganggaran.

“Kadang ada yang masuk melalui kepala sekolah dan saat APBD sudah ketuk lalu tentu ngak masuk. Kemudian mereka menuntut gaji yang sama, ya ngak bisa kami penuhi. Ini perlu dipahami,” jelasnya.

Dia berharap masyarakat dan para honorer memahami persoalan itu. Kemudian terkait ketentuan CPNS 2018 yang menjadi tuntutan guru honor beberapa hari yang lalu, pihaknya mengaku itu ketentuan pusat. Namun aspirasi demonstran akan disampaikan ke pusat.

“Kami berharap guru honor paham soal ini,” pungkasnya.