Headline

Irwan Afriadi: Pemda Diingatkan Percepat Siapkan Data Tambahan Untuk 15 Persen BDT

Detaksumbar-PADANG, – Anggota DPRD Sumbar dari Partai NasDem, Irwan Afriadi mendesak pemerintah kabupaten dan kota se Sumatera Barat untuk segera menyiapkan data tambahan untuk 15 persen Basis Data Terpadu (BDT) yang diminta oleh Wagub Sumbar, Nasrul Abit.

“Sesegera mungkin, pemerintah daerah kabupaten dan kota harus menyiapkan data tambahan 15 persen BDT dari data yang sudah ada di pusat,” ingat Irwan Afriadi, Selasa (7/4 /2020).

Data BDT ini, sebut Irwan Afriadi lagi, bertujuan untuk mempercepat pengalokasian anggaran bagi Penerima Keluarga Harapan (PKH) yang ada dimasing-masing kabupaten dan kota.

‚ÄúSetiap tahun, bantuan PKH diberikan empat tahap. Kalau sesuai jadwal harusnya disalurkan bulan Januari, April, Juli, Oktober,’ jelasnya.

Sebagaimana diketahui, wabah corona atau covid-19 yang melanda dunia saat ini membuat pemerintah harus mempercepat pencairan bansos PKH tahap II dari jadwal yang seharusnya. Ini sebagai langkah cepat untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan atas merebaknya virus corona COVID-19.

Pencairan dana tersebut merupakan langkah antisipatif untuk menjaga daya beli keluarga penerima manfaat (KPM) PKH sebagai kelompok yang sangat rentan terhadap perlambatan ekonomi akibat penyebaran virus corona Covid-19.

Irwan Afriadi menjelaskan, dengan percepatan pencairan dana PKH, diharapkan dapat menjaga daya beli KPM PKH dan dimanfaatkan dengan baik oleh KPM sehingga mereka dapat terhindar dari penyebaran virus korona COVID-19. (*)