Headline

Jembatan Darurat Putus, warga Masih Menggunakan Rakit

Detaksumbar.com-Masyarakat di Kampung Nyiur Gading, Nagari Kambang, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan terpaksa memanfaatkan rakit untuk menyeberangi sungai setelah jembatan darurat yang dibangun pemerintah setempat rusak parah tidak bisa dilalui akibat terjangan air sungai.

Jembatan darurat ini putus sejak Sabtu 4 Agustus 2018 lalu. Hingga Minggu 12 Agustus 2018 sore, warga masih menggunakan rakit untuk menyeberangi sungai dan terpantau sebagian warga bergotong royong untuk memperbaiki jembatan tersebut.

Warga yang menyeberangi jembatan tersebut berharap kondisi ini bisa cepat teratasi. Sebab, jembatan darurat yang dibangunkan pemerintah setempat sudah berulangkali putus dan membuat akses warga terganggu.

“Pada 27 Februari 2018 lalu, jembatan ini juga pernah putus akibat terjangan air sungai. Sudah diperbaiki, tapi rusak lagi,” jelas Eri warga setempat.

Sementara itu, Camat Lengayang, Zoni Eldo membenarkan kondisi tersebut. Jembatan itu sudah seminggu diterjang air sungai dan saat ini pihaknya bersama warga berinisiatif melakukan gotong royong. Sebab, meski ada jalan alternatif lain yang bisa dilalui, jembatan darurat itu salah satu akses terdekat yang dilalui warga sekitar.

Jembatan darurat tersebut dibuat karena sedang pengerjaan jembatan utama. Namun, karena kondisi pembangunan terkendala dan belum selesai, makanya warga memanfaatan jembatan darurat tersebut.

“Karena jembatan utamanya dalam pembangunan. Jadi, jembatan darurat yang dimanfaatkan,” terangnya.