Headline

kemendes PDTT Taufik Madjid Membuka Munas Forum BUMdes

Detaksumbar.com — Direktur Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Taufik Madjid, membuka secara resmi Munas Forum Bumdes Indonesia, di Kota Padang, Senin 27 Agustus 2018.

Dipusatkan di auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), dalam sambutannya, Taufik menyebut, terpilihnya Sumbar sebagai tuan rumah, menorehkan tonggak sejarah baru di dalam tubuh Kemendesa PDTT, dan seluruh nagari dan desa di Sumbar.

“Dari ribuan desa se-Nusantara, Padang dipilih menjadi tuan rumah. Tentu ini menjadi tonggak sejarah. Manfaatkan semua diskusi yang ada dalam setiap rangkaian kegiatan,” ungkapnya.

Hal yang penting untuk dicermati dalam Munas, katanya, yakni bagaimana membangun sinergitas pelaku BUMDes dengan setiap elemen untuk bekerja mengelola BUMDes, untuk peningkatan ekonomi masyarakat desa.

“Ada dua hal pokok yang harus kita tuntaskan. Pertama peningkatan kualitas hidup masyarakat desa, dengan pemenuhan kebutuhan sosial dasar masyarakat, dan penanggulangan kemiskinan,” sebutnya.

Dia berharap, dalam Munas melahirkan gagasan ataupun solusi dari setiap persoalan yang ada di dalam tubuh BUMDes. Selain itu, juga memberikan pengalaman dan ilmu pengetahuan baru dalam hal pengelolaan BUMDes.
“Menghasilkan hal yang positif dan kontributif demi kemajuan BUMDes bersama ke depannya,” pungkasnya.

Usai dibuka, kegiatan dilanjutkan dengan rangkaian seminar. Selasa 28 Agustus, rombongan peserta akan menuju Kawasan wisata terpadu Mandeh untuk melakukan deklarasi Mandeh.

Kegiatan dihadiri 500 perwakilan pengelola BUMDes se
Indonesia, 1500 mahasiswa, dan 926 wali nagari dan kepala desa se Sumbar. Turut dihadiri, Forkopimda, Rektor dan wakil rektor UNP, serta Staf Ahli Kebijakan Strategis Kemendes PDTT, H Febby Datuk Bangso.