Headline

Ketua KAN Luki Basri Dt Rajo Usali: terimakasih kepada Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) Andre Rosiade dan Anggota DPR RI Refrizal

DetakSumbar.com- Masyarakat di Kecamatan Lubuak Kilangan (Luki), Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengucapkan terimakasih kepada Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) Andre Rosiade. dan Anggota DPR RI Refrizal.

Sebab, dua tokoh minang tersebut dalam memfasilitasi mereka dengan Pimpinan DPR RI beberapa waktu yang lalu, membuahkan hasil.

“Alhamdulillah berkat bantuan dari Andre Rosiade dan Pak Refrizal tokoh  kita dipusat, akhirnya tuntutan kita diakomodi oleh PT Semen Indonesia/PT Semen Padang,” kata Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan, Basri Dt Rajo Usali saat melakukan pertemuan dengan awak media di Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat 2 Februari 2018, sekitar pukul 09.00 WIB.

Ketua KAN Lubuk Kilangan mengatakan, sengketa tanah ulayat Lubuk Kilangan saat ini sudah menemukan titik temu. Telah ada surat kesepakatan yang di buat di Kementerian BUMN Republik Indonesia.

“Perjuangan kedua tokoh kita ini sangat kami rasakan. Intinya kami sangat berterimakasih sekali kepada Andre Rosiade yang telah memfasilitasi persoalan ini, untuk segera selesai dan ada titik temunya seperti sekarang,” katanya.

Terkait tuntutan yang telah disampaikan oleh Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan sebelumnya, maka disepakati beberapa hal sebagai berikut:

a. Tuntutan poin di dalam surat KAN Lubuk Kilangan No. 018/KAN-LK/X.II. 2017 tertanggal 16 Desember 2017 dan No. 02/KAN-LK/I/2018 tertanggal 8 Januari 2018 (sebagaimana terlampir) akan dicarikan legalisasi hukumnya dengan melibatkan pihak-pihak yang berwenang sperti KPK, Kejaksaan ataupun lembaga lainnya agar tidak melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan dan mengikuti praktek-praktek bisnis yang wajar dan berlaku umum.

Untuk itu dalam waktu paling lama 2 (dua) minggu dari sekarang akan dibentuk Tim Khusus yang terdiri dari perwakilan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT. Semen Padang dan KAN Lubuk KIlangan untuk menindaklanjuti.

b. Pertemuan menyetujui untuk mengutamakan Perusahaan Anak Nagari Lubuk KIlangan yang sudah menjadi rekanan di PT Semen Padang untuk mendapatkan pekerjaan-pekerjaan yang ada di PT Semen Padang sepanjang memenuhi ketentuan dan persyaratan yang berlaku serta memiliki integritas baik.

c. Pertemuan menyetujui penerimaan Staff dan Karyawan PT Semen Padang yang mengutamakan Anak Nagari Lubuk Kilangan, sepanjang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh PT Semen Padang

d. Semen Padang akan mengangkat pejabat penasehat Direksi yang direkomendasikan oleh KAN Lubuk KIlangan yang bertugas untuk menjembatani pengelolaan masyarakat lingkungan sekitarnya. Jabatan tersebut akan berakhir setelah diangkatnya anggota dewan komisaris yang direkomendasikan oleh KAN Lubuk Kilangan dalam RUPS akan dating.

e. Semen Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen untuk mengusulkan kepada Menteri BUMN agar susuan dewan Komisaris PT Semen Padang terdapat wakil yang direkomasikan oleh KAN Lubuk Kilangan dengan memperhatikan ketentuan butir d.

Acara pertemuan tersebut di tutup dengan jumpa pers dengan harapan masyarakat lubuk Kilangan,Perjanjian yang sudah di buat di jalankan oleh pihak PTSI .(*)