Pilkada

KPU Bukittinggi Gelar Deklarasi Kampanye Damai Tanpa Paslon Nomor 2

Deklarasi Kampanye Damai

Bukittinggi – KPU Kota Bukittinggi menggelar deklarasi kampanye damai serta deklarasi penandatanganan pakta integritas penerapan protokol pencegahan covid-19 disalah satu hotel ternama di Bukittinggi, Rabu (14/10). Deklarasi kampanye damai ini dihadiri dua pasangan calon (paslon) kepala daerah, Forkopimda serta perwakilan Bawaslu kota Bukittinggi.

Dua paslon kepala daerah yang hadir diantaranya paslon nomor 1 Ramlan Nurmatias-Syahrizal dan paslon nomor 3 Irwandi-David. Sementara paslon nomor 2 Erman Safar-Marfendi berhalangan hadir namun diwakili oleh Tim Pemenangannya.

Dalam acara tersebut, Ketua KPU Bukittinggi, Heldo Aura, menyampaikan, “Deklarasi kampanye damai diselenggarakan dalam rangka wujud tahapan sosialisasi untuk mendukung kampanye yang nyaman, tanpa ada gesekan antar pasangan calon dan tim”

Lebih lanjut Heldo menjelaskan, deklarasi ini bertujuan untuk terciptanya komitmen bersama agar pesta demokrasi tahun ini berlangsung damai dan kondusif di kota Bukittinggi. Dalam kampanye selayaknya para paslon menyampaikan gagasan yang positif dan membangun demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kota Bukittinggi.

Sementara itu usai acara, Heldo sempat menambahkan bahwa paslon nomor 2 berhalangan hadir, bapak Erman beralasan ada kegiatan kampanye yang telah terjadwal dan bapak Marfendi sedang dalam kondisi tidak sehat.

“Namun demikian, tidak ada keharusan dan sangsi bagi pasanganĀ  tidak hadir dalam kesempatan ini, hanya saja pihak KPU menyayangkan paslon nomor urut dua tidak dapat hadir. Hal ini tentu menjadi tanda tanya oleh para pihak,” kata Heldo.

Ditempat terpisah, menanggapi ketidakhadiran dalam kampaye damai paslon nomor 2, Erman Safar mengatakan, “Prinsipnya kami sangat menerima dan mengucapkan terimaksih sebesar-besarnya kepada KPU kota Bukittinggi yang telah menjadi fasilitator dan menyatakan sikap yang sama bahwa pilwako Bukittinggi harus kita jalankan dengan cara-cara sehat, damai dan Badunsanak.”

Tambah Erman, terkait ketidakhadiran kami pada kegiatan deklarasi tadi, pertama kami mohon maaf, bahwa memang ada agenda-agenda untuk kami menyentuh masyarakat kota Bukittingggi sebagai pemilik kedaulatan kota ini telah kami jadwalkan jauh-jauh hari.

Sehingga memang begitu sulit untuk kami tinggalkan karena agenda kampanye kami hari ini di kelurahan tarok dipo dan dilanjutkan di belakang balok yang telah diagenda sejak seminggu yang lalu.

Namun demikian, undangan deklarasi tadi, TIM Erman-Marfendi yang hadir mewakili diacara tersebut. Pada prinsipnya kami (Errman-Marfendi) sangat menyepakati dan sangat menerima hal-hal atau ketentuan yang telah dideklarasikan.

Terlebih mengenai masalah kesehatan, insya Allah kami juga sangat mendukung rangkaian agenda Pilkawo kota Bukittinggi harus mengedepankan standart protokol kesehatan dimasa pandemi. Kami begitu mengharapkan bahwa kesehatan warga kota Bukittinggi adalah yang utama diatas segala-galanya. Untuk itu sejak awal pandemi kami telah kami sosialisasikan tentang pola hidup sehat dengan cara menyemprotkan desinfektan diseluruh lingkungan warga kota, berbagi masker dan Handzanitaizer dan beberpa program lain.

Tentu semua itu adalah bentuk sikap nyata kami bahwa kami meyakini dan ingin memastikan bahwa kesehatan warga yang paling utama. Kami lakukan itu semua salam tindakan nyata, Insya Allah, tutup Erman. (rir)