Headline

Mahasiswa FT UNP Siapkan Pengontrolan Televisi Menggunakan Pengenal Suara

Detaksumbar.com- Padang — Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (FT UNP) melalui mahasiswanya Andra Akbar Afan Jurusan Teknik Elektro sedang menyiapkan media perintah suara sebagai pengontrolan utama televisi.

“Begitu banyaknya pengguna televisi di Indonesia saya menyiapkan tugas akhir saya dengan menggunakan media perintah suara sebagai pengontrolan utama televisi. Dengan menggunakan perintah suara, televisi akan dikontrol tanpa harus menggunakan remote control dan juga memudahkan pengguna dalam penggunaan televisi,” ujar Andra Afan saat ditemui di FT UNP yang sedang mempresentasikan tugasnya di hadapan Ketua Jurusan Elektronik, Dr Hendri MT, Rabu (21/8/2019).

Seperti diketahui melalui perangkat televisi, masyarakat bisa mendapatkan informasi yang diperlukan baik untuk kepentingan pekerjaan maupun sebagai sarana hiburan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa dampak positif dalam kehidupan manusia yang pada saat ini telah sampai pada zaman perintah suara.
“Pengolahan suara digital dapat dikembangkan untuk mempermudah kehidupan manusia. Dalam hal ini suara manusia dapat diolah untuk dikonversikan agar dimengerti oleh suatu responden sehingga perintah yang terucap dapat direspon oleh alat yang dikendalikan,” terangnya.

Dijelaskannya pengontrolan televisi akan bekerja setelah diberikan input suara yang benar dan tepat. Dengan menggunakan modul Voice Recognition V3 yang mampu menyimpan data suara dan menganalisa data suara dari input pengguna.
“Dengan keluaran relay berfungsi sebagai penguatan tegangan yang dibutuhkan untuk mengaktifkan pemprosesan pengontrolan televisi.

Ditambahkannya, berdasarkan hasil pengukuran dan analisa dapat diamati proses kerja pada pengontrolan televisi ini dengan menggunakan Voice Recognition yang mampu menyimpat data suara dan menganalisa suara tersebut. Serta menampilkan keluaran pada televisi sesuai yang diinginkan. (Humas UNP/Agusmardi)