Headline

Mahasiswa HMI Melakukan Aksi Kumpulkan Dana Untuk Korban Gempa dan Teunami di Palu

Detaksumbar.com- Organisasi mahasiswa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Dakwah UIN Iman Bonjol Padang bergerak cepat melakukan aksi pengumpulan dana untuk membantu meringankan beban korban gempa bumi dan Tsunami Palu dan Donggala.

Puluhan mahasiswa yang identik dengan pergerakan ini membawa bendera kebanggaan mereka hijau hitam sambil melakukan aksi galang dana. Mereka menyediakan kardus dan menyodorkan kepada pengendara dan masyarakat yang ingin menyumbang. Penggalangan bantuan dilakukan dibeberapa titik di Kota Padang.

Uniknya mereka juga membawa pengeras suara (Toa) sembari berorasi dan memberikan informasi kepada pengendara terkait korban gempa bumi dan Tsunami Palu dan Donggala.

“Kami mencar dibeberapa titik. Ada yang di Pasar Raya Padang, persimpangan depan hotel Grand Zuri dan persimpangan dekat Kantor Pos Imam Bonjol,” ungkap Koordinator Aksi Jafri Ayub, Minggu, 30 September 2018.

Dia menyebutkan, penggalangan bantuan dimulai sejak pukul 15.00 sampai menjelang magrib. Bantuan tersebut akan dikirimkan melalui lembaga sosial di daerah itu.

Menurutnya, duka Palu dan Donggala merupakan duka bersama dan bangsa Indonesia. Mahasiswa harus hadir dan memberikan kontribusi sesuai kemampuan.

“Ini menjadi agenda rutin kami dari organisasi setiap kali ada bencana. Apalagi Sumbar juga pernah dihoyak gempa pada bulan yang sama 2009 silam,” ujarnya.

Terakhir disampaikannya uang terkumpul sebanyak Rp 4.960.300. Uang tersebut akan dikirimkan melalui lembaga sosial di Sumbar.

“Nanti kami serahkan kepada lembaga sosial untuk pengirimannya,” tukasnya.