Pilkada

Menarik, Hasil Polling Grup FB Kaba Bukittinggi, Erman Safar – Marfendi Unggul 55%

Bukittinggi – Manfaat media sosial akhir-akhir ini menjadi sangat efektif dan efisien dalam menjalin interaksi antar sesama manusia, baik yang berada disekitar maupun diluar wilayah bahkan hingga ke luar negeri. Salahsatunya media sosial Facebook (FB) yang sangat populer umumnya masyarakat dunia, Indonesia khususnya masyarakat di Kota Bukittinggi.

Tidak sedikit masyarakat memanfaatkan media sosial FB untuk kepentingan pribadi maupun untuk kepentingan politik. Bahkan untuk mengerucutkan suatu kepentingan tertentu, para pengguna media sosial Facebook membuat grup khusus agar  informasi tersalurkan dalam satu pintu.

Seperti halnya yang terpantau dalam grup Facebook Kaba Bukittinggi yang memiliki  260.648 anggota, yang saat ini dikelola oleh beberapa pegawai Pemko Bukittinggi serta para jurnalis. Grup ini membuat polling untuk pemilihan calon walikota dan wakil walikota Bukittinggi Tahun 2020. Grup FB ini juga ikut memberikan ruang kepada masyarakat kota Bukittinggi, untuk memberikan prediksi walikota dan wakil walikota yang akan terpilih pada pesta demokrasi pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung pada tanggal 9 Desember 2020.

Hingga berita ini ditayangkan, terpantau sudah mencapai 1340 anggota grup FB Kaba Bukittinggi ikut memberikan partisipasi dalam polling tersebut. Untuk perolehan polling pemilihan walikota dan wakil walikota sementara yang terjadi pada hari Minggu, 27 September 2020 hingga pukul 11.30 wib, adalah pasangan calon walikota dan wakil walikota, Erman Safar – Marfendi unggul sebesar 55% dari dua pasangan calon kepala daerah lainnya. Dengan perolehan polling sementara sebanyak 732 anggota grup yang ikut partisipasi.

Sementara perolehan polling untuk paslon kepala daerah Ramlan Nurmatias – Syahrizal sebanyak 465 anggota grup ikut berpatisipasi atau sebesar 35%. Kemudian disusul oleh pasangan calon kepala daerah Irwandi  – David sebanyak 143 anggota grup yang ikut partisipasi atau sebesar 11%.

Artinya selisih perolehan polling sementara pasangan calon kepala daerah kota bukittinggi, antara Erman Safar – Marfendi dengan Ramlan Nurmatias – Syahrizal adalah sebesar 20%. Lalu untuk selisih perolehan polling sementara antara pasangan Erman Safar – Marfendi dengan Irwandi – David adalah sebesar 44%.

Hal ini menunjukkan bahwa baru sebagian kecil atau sebesar 1% dari 260.648 anggota grup FB Kaba Bukittinggi yang aktif berpartisipasi dalam polling pemilihan kepala daerah tahun ini. (rir)