Headline

Menteri Desa PDTT “Tunggui” Munas hingga Tuntas

Detaksumbar.com – Padang,Musyawarah Nasional (Munas) pertama Forum Bumdes Indonesia 2018, di Padang – Sumatera Barat, akhirnya dikonsentrasikan di Padang, secara penuh.

“Agenda di Painan, dipindahkan ke Padang, kecuali kunjungan ke Bumnag Mandeh Tarusan Jaya, Tarusan, di Kabupaten Pesisir Selatan,” kata Ketua Forum Bumdes Sumatera Barat F. Ferdi Datuk Dinagari, di Padang, kemarin.

Ia menyebutkan, pada jadwal yang direncanakan sebelumnya, setelah pembukaan, sidang-sidang komisi dan diskusi tematik, dilaksanakan di Padang.

Besoknya, Selasa (28/8), semua peserta berkunjung ke Tarusan. Tak hanya sekadar mendatangi Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh, tetapi juga melihat secara detail bisnis yang dikelola Bumnag Mandeh Tarusan Jaya, Tarusan.
Malamnya diisi dengan hiburan.

“Semua agenda di Padang dipadatkan, lalu hiburan dan deklarasi Forum Bumdes Indonesia yang semula direncanakan di Painan, dipindahkan ke Padang.

Dilaksanakan Senin malam,” kata Ernawati sembari menyebutkan, agenda di Bumnag Mandeh Tarusan Jaya, tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

Seiring dipindahkan beberapa agenda di Painan ke Padang, maka setelah kunjungan ke Bumnag Mandeh Tarusan Jaya, semua peserta Munas Forum Bumdes Indonesia akan dibawa menikmati wisata di kawasan wisata bahari terpadu tersebut.

Selama Munas tersebut, dijadwalkan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo akan menghadiri secara penuh, “pak Eko akan mengawal secara penuh pelaksanaan Munas tersebut,” kata Ketua Panitia Munas Forum Bumdes Indonesia Dra Ernawati M.Pd, Phd.

Ia menyebutkan, saat ini panitia merapikan hal-hal kecil yang dikuatirkan mengganggu kelancaran acara. Secara umum, persiapan sudah oke. Sudah mencapai sembilan puluhan persen.

Langkah merapikan dimaksud, terkait dengan tekad panitia agar agenda Munas kali ini benar-benar mencapai hasil maksimal, sesuai harapan.

Rencananya, agenda Munas akan dihadiri sekitar 3.000 peserta. Mereka terdiri dari pengurus Bumdes se-Indonesia, perwakilan Bumdes se-Indonesia, Pengelola Bumdes dan Bumnag di Sumbar, walinagari se-Sumbar dan mahasiswa yang memiliki perhatian kepada nagari mau pun Bumdes serta mau mengabdi di nagari. ()