Headline

Misran Pasaribu Resmi Pimpin OJK Sumbar

Detaksumbar.com- Misran Pasaribu resmi memimpin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sumbar. Serah terima jabatan (Sertijab) dari Kepala OJK sebelumnya Darwisman kepada Misran Pasaribu dilakukan di Auditorium Istana Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Kamis (23/1/2020). Darwisman selanjutnya menjabat sebagai Pengawas Eksekutif Senior, Departemen Pengawasan Bank 1,
OJK Pusat.

 

Upacara Pelantikan dan Sertijab dihadiri Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK, Nurhaida yang sekaligus menandatangani berita acara pelantikan dan serah terima jabatan Kepala OJK Provinsi Sumatera Barat.

Juga turut dihadiri Gubernur Sumatera Barat, pimpinan instansi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumatera Barat, pimpinan Industri Jasa Keuangan di Provinsi Sumatera Barat serta segenap stakeholder OJK Provinsi Sumatera Barat.

Nurhaida mengatakan, Pelantikan pimpinan OJK Provinsi Sumatera Barat ini tidak hanya merupakan bagian dari proses regenerasi dan pengembangan SDM, namun juga merupakan bagian dari langkah penguatan peran dan fungsi OJK agar dapat menjawab tuntutan stakeholders dan masyarakat akan peran OJK yang semakin besar.

Dilanjutkan, disadari sepenuhnya bahwa mewujudkan organisasi yang mampu menjawab harapan dan tuntutan seluruh pemangku kepentingan memang bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, melalui nuansa kepemimpinan baru ini diharapkan akan melahirkan semangat, ide-ide baru dan kebijakan yang tepat sasaran sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kualitas kinerja OJK.

“Perkembangan ekonomi di Sumatera Barat secara umum cukup baik dan berkualitas, pada Q3 2019 ekonomi Sumatera Barat mampu tumbuh 5,16% (YoY), lebih baik dibanding pencapaian nasional yang pada Q3 2019 tumbuh 5,02% YoY,” ungkap Nurhaida.

Namun hal itu jangan membuat terlena, tambahnya. P lerlu strategi yang tidak biasa. “Kepala OJK yang baru dilantik harus terus memperkuat peran dan fungsi pentingnya di daerah serta menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan pengawasan Industri Jasa Keuangan dan penguatan fungsi edukasi dan perlindungan konsumen di daerah”, katanya.

Sementara itu Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengapresiasi kinerja OJK Provinsi Sumatera Barat selama kepemimpinan Kepala OJK sebelumnya, Darwisman dan mengharapkan Kepala OJK yang baru, Misran Pasaribu terus melanjutkan serta semakin meningkatkan kinerja OJK Provinsi Sumatera Barat sehingga dapat mendongkrak perekonomian di daerah. “Pemerintah Daerah (Pemda) siap bersinergi dalam membantu program-program yang dijalankan oleh OJK”, ujarnya.