Headline

New Normal Diterapkan di Pasaman

Detaksumbar-Pemerintah Kabupaten Pasaman mulai menjalani new normal alias kenormalan baru. Pasar Lama Lubuk Sikaping dan areal pemukiman warga sekitarnya menjadi percontohan.

Bersama pihak kepolisian dan instansi terkait, Pemkab Pasaman telah menyiapkan semua hal dalam menjalani new normal. Seperti merekayasa jalan, menambah wadah pencucian tangan untuk pengunjung pasar, serta menjadikan beberapa titik sebagai titik masuk untuk pengendalian kebiasaan pengunjung serta adanya petugas kepolisian untuk menjaga keadaan di lapangan.

“Iya, hari ini kita uji coba di Pasar Lama,” kata Bupati Yusuf Lubis didampingi Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya didampingi juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Willyam Hutabarat, Kamis (28/5).

Diakui bupati, ada delapan tik masuk Pasar Lama Lubuk Sikaping. Delapan titik ini merupakan tempat pemberhentian kendaraan pengunjung. Di delapan titik ini pula menjadi pintu masuk pengunjung yang dilengkapi dengan fasilitas cuci tangan.

“New normal ini merupakan keadaan baru dengan protokol kesehatan yang diatur sedemikian rupa dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19. Selain itu, new normal ini nantinya juga menerapkan pola hidup dengan mengedepankan pencegahan,” kata Bupati Yusuf.

Tidak itu saja, Kapolres AKBP Hendri juga mengaku siap dalam penerapan new normal ini. Pihaknya juga menerjunkan personel dalam menggawangi kondisi di lapangan.(*)