Headline

Ninik Mamak Luki Dukung Andre ke Senayan,Ketua KAN: Belum Jadi Saja Sudah Berbuat

DetakSumbar.com- Dukungan untuk Andre Rosiade menuju DPR RI kian mengalir deras. Sabtu (14/4) pagi, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Gerindra ini bersilaturahim dengan ninik mamak dan tokoh masyarat Lubukkilangan.

Dari diskusi singkat itu, para ninik mamak sepakat akan mengantarkan Andre ke Senayan.

Tampak hadir di “Sate Pak Buyung” tersebut, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubukkilangan Basri Dt Rajo Usali, Kamaruzzaman (Staf Ahli Direksi PT Semen Padang), Armansyah Dt Gadang (Sekretaris KAN), Ir Achiruddin (penasehat IKSS Suku Sipanjang), Alfi Beben One (tokoh masyarakat/Bacaleg Gerindra), Velas Mardial (Sekretaris PP Lubukkilangan).

Selanjutnya Asril Aziz Rajo Bujang (Wakil Ketua KAN), Alnofriadi (Kelompok Siaga Bencana/KSB Lubukkilangan), Yulimasrul (tokoh masyarakat), Zal Aciak (tokoh masyarakat Batu Gadang), Armaigus Nazar (tokoh masyarakat Padang Besi) dan lainnya. Juga hadir sejumlah ibu-ibu yang bersemangat berfoto dengan Andre Rosiade yang sudah sangat dekat dengan masyarakat Lubukkilangan.

Kamaruzzaman menyebutkan, sebagai calon anggota DPR RI dari Dapil Sumbar I, Andre Rosiade sudah menunjukkan kebolehannya. Belum menjadi anggota dewan saja, dia telah sukses menuntaskan harapan masyarakat Lubukkilangan. Seperti menjadikan anak nagari Luki sebagai calon komisaris, dan selanjutnya akan dilibatkan dalam pemilihan direksi.

“Kita telah mendengar lacuik tangan Andre Rosiade dalam membantu aspirasi anak nagari Lubukkilangan. Kalau terjadi riak-riak itu adalah hal biasa, dan kita tidak akan menyalahkan siapa-siapa. Yang jelas, masyarakat merindukan wakil rakyat yang benar-benar berbuat untuk rakyat,” tambah Kamaruzzaman.

Ketua KAN Basri Dt Rajo Usali menyebutkan, Andre Rosiade adalah anak muda yang konkret dalam berbuat. Belum jadi wakil rakyat di Senayan saja, Andre yang merupakan Ketua Harian Ikatan Keluarga Minang (IKM) sudah sukses memperjuangkan hak-hak masyarakat dan anak nagari di Lubukkilangan dengan PT Semen Padang.
“Kami yakin, Andre adalah seorang tokoh muda yang layak kita dukung untuk menjadi wakil rakyat. Tentunya, dengan posisinya sebagai anggota dewan, dia lebih mudah dan bisa lebih banyak berbuat untuk masyarakat Lubukkilangan. Insya Allah, itu bukan hal yang mustahil jika Allah berkehendak,” sebut ketua KAN penuh kharismatik ini.
Asril Aziz menyampaikan, di Kota Padang, hanya Kecamatan Lubukkilangan yang tidak memiliki sekolah agama atau sekolah di bawah Kementerian Agama (Kemenag). Saat ini, sebuah Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) sudah didirikan dengan menggunakan sebuah gedung di kawasan Indarung. Namun, lokasi itu kecil dan tidak akan membuat sekolah berkembang.
“Kami berencana akan membangun gedung yang lebih baik di pinggir lapangan Lemdadika (Lembaga Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka) Padang Besi. Namun, saat ini masih terkendala dengan izin dari Kwarnas Pramuka. Kami minta, Andre bisa membantu memasilitasi untuk menyelesaikan masalah ini,” kata Asril Aziz.

Alfi Beben menambahkan, setelah melihat gerakan yang dilakukan Andre Rosiade, dia meyakini, Andre adalah orang yang cocok untuk mengisi kursi anggota DPR RI dari Dapil I. Pasalnya, sebagai tokoh muda, Andre sudah begitu dikenal di kancah nasional. Andre memiliki banyak peran penting dalam menuntaskan masalah-masalah rakyat badarai.
“Tak ada lagi keraguan kita kepada Pak Andre. Marilah kita di Lubukkilangan ini bersama-sama mendudukkan beliau di DPR RI.

Karena, apa yang telah diberikannya kepada Lubukkilangan saat ini sudah banyak. Apalagi kalau dia berhasil menjadi anggota DPR RI. Tentu akan lebih banyak lagi,” kata tokoh masyarakat Bandabuek yang juga Bacaleg DPRD Padang dari Gerindra ini.

Mendapati antusias warga saat kunjungannya, Andre Rosiade berterima kasih. Apalagi, yang datang adalah tokoh masyarakat. Orang-orang yang begitu dihormati di nagari yang menjadi tempat berdirinya PT Semen Padang.

“Alhamdulillah, kunjungan kami ke Lubukkilangan mendapatkan sambutan yang hangat. Terima masih para ninik mamak, tokoh mayarakat dan warga Lubukkilangan,” katanya.

Andre menyebutkan, untuk harapan-harapan warga Lubukkilangan soal komisaris dan direksi dari anak nagari, akan dituntaskan dalam komunikasi dengan Deputi Menteri BUMN pekan depan. Sekaligus membicarakan bagaimana perkembangan PT Semen Padang di masa depan. “Kami juga akan membicarakan masukan-masukan dari anak nagari dengan para direksi dalam waktu dekat,” katanya.

Untuk niat warga Lubukkilangan membangun MTsS di lahan Lemdadika, Andre langsung menelepon Ketua Kwarnas Pramuka Adhyaksa Dault yang merupakan teman dekatnya. “Tadi kami telah komunikasi dengan Bang Adhiyaksa, dan beliau menunggu surat dari masyarakat Lubukkilangan dan akan membicarakannya dengan Pemprov Sumbar. Insya Allah, beliau mendukung pembangunan sekolah ini,” sebut Andre Rosiade.

Andre berjanji, akan terus memperjuangkan hak masyarakat Nagari Lubukkilangan. Karena, sebagai pemilik tanah ulayat, sudah sepantasnya warga nagari mendapatkan kompensasi untuk kesejahteraan mereka. “Kami mohon dukungan untuk maju ke DPR RI. Insya Allah, kami akant terus berjuang dan mengadvokasi kepentingan-kepentingan masyarakat,” katanya. (*)