Headline

Satgas Saber Pungli Melakukan OTT di kabupaten Agam

DETAKSUMBAR.COM- Tidak jera-jera juga, Unit Pemberantas Pungli (UPP) atau Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Agam menangkap MA (53) oknum Kasi Pengujian Kendaraan Bermotor dan Perbengkelan Dinas Perhubungan Agam atas dugaan pungli dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT), Senin (11/9) di kantor dinas setempat.

MA Diamankan oleh terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh Tim Penindak UPP Saber Pungli Agam.Oknum tersebut terjaring OTT pada Senin 11 September 2017 sekitar pukul 15.15 WIB.

Menurut Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi didampingi Ketua Tim Saber Pungli yang juga Waka Polres Agam Kompol Aksalmadi dan Satgasnya Iptu M.Reza, Selasa (12/9) menjelaskan, MA terjerat kasus dugaan pungutan liar dalam OTT dalam kegiatan pengurusan pemeriksaan/pengujian kendaraan bermotor atau (KIR).

“MA terindikasi melakukan tindak pidana pungutan liar dalam menjalankan tugasnya dalam pengujian kendaraan bermotor menerima uang pembayaran KIR melebihi nominal yang ditetapkan dalam aturan yang ada,” ujarnya.

Dugaan pungli dengan modus menerima uang pembayaran KIR melebihi nominal yang ditetapkan dalam Perda Agam Nomor 1 tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum dan Perbup Agam Nomor 13 Tahun 2016 tentang Perubahan Tarif Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor.

Salah seorang petugas satgas Iptu M.Reza, juga menambahkan, petugas menemukan pembayaran tidak sesuai dengan semestinya. “Seharusnya pembayaran sekitar 60 ribu, tapi dipungut 200 ribu lebih,” ujarnya.

“Dari operasi tersebut kita amankan uang pembayaran KIR hari Senin sebanyak Rp. 1.270.000 dan uang pembayaran KIR dari tanggal 6 September sampai 8 September yang belum disetorkan ke kas daerah Rp 1.464.500,” katanya.

Sementara itu, kata Reza, oknum PNS belum ditahan dan masih dalam proses penyelidikan.

“Kita lihat nanti, apakah perkara ini diproses (sidik) atau dilimpahkan ke Inspektorat Agam,” pungkas Reza.(*)