Pilkada

Paslon Kepala Daerah Bukittinggi M. Fadhli-Yon Afrizal, Puas Gugatan Dikabulkan

Sidang Putusan Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pemilihan, M. Fadhli-Yon Afrizal di Bawaslu Bukittinggi

Bukittinggi – Setelah melalui proses musyawarah penyelesaian sengketa pemilihan tertutup dan terbuka antara bakal pasangan calon (paslon) Kepala Daerah Bukittinggi M. Fadhli-Yon Afrizal selaku (Pemohon) dengan KPU Kota Bukittinggi (Termohon), akhirnya Majelis Musyarawah Bawaslu Kota Bukittinggi yang dipimpin oleh Ruzy Haryadi dan dua Anggota Majelis Musyawarah Asneli Warni dan Eri Vatria, mengabulkan gugatan Pemohon, pada hari Sabtu, (15/08)

Hadir dalam Musyarawah Penyelesaian Sengketa Pemilihan dikantor Bawaslu Kota Bukittinggi yakni M. Fadhli-Yon Afrizal dan tim kuasa hukum selaku (Pemohon) lalu dari pihak KPU Kota Bukittinggi, Heldo Aura, Benny Aziz dan tim selaku (Termohon).

Adapun gugatan Pemohon yang terdaftar dengan nomor perkara sengketa, 001/PS.Reg/13.1375/VIII/2020 yang dikabulkan oleh Majelis Musyarawah Bawaslu Kota Bukittinggi, diantaranya,
1. Mengabulkan gugatan Pemohon untuk sebagian.
2. Membatalkan berita acara rekapitulasi dukungan bakal paslon perseorangan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi Tahun 2020, per tanggal 20 Juli 2020 atas nama bakal paslon M. Fadhli-Yon Afrizal (model BA.7-KWK Perseorangan).
3. Memerintahkan Termohon untuk melakukan verifikasi ulang terhadap pendukung Pemohon yang dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh Termohon sebanyak 6628 pendukung berdasarkan berita acara rekapitulasi dukungan bakal paslon perseorangan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi Tahun 2020, per tanggal 20 Juli 2020 atas nama bakal paslon M. Fadhli-Yon Afrizal (model BA.7-KWK Perseorangan). Verifikasi faktual ini dilaksanakan oleh Termohon berpedoman kepada azaz penyelengaraan pemilihan secara profesional, transparan dan akuntabel.
4. Memerintahkan kepada Termohon untuk menerbitkan berita acara rekapitulasi dukungan bakal paslon perseorangan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi Tahun 2020, atas nama bakal paslon M. Fadhli-Yon Afrizal (model BA.7-KWK Perseorangan) sesuai dengan verifikasi faktual ulang yang dilakukan terhadap dukungan Pemohon.
5. Memerintahkan Pemohon dan Termohon untuk melaksanakan putusan ini paling lama 3 hari kerja terhitung putusan dibacakan.

Usai putusan Majelis Musyarawah Bawaslu Kota Bukittinggi, M. Fadhli menyampaikan, “Alhamdulillah, secara umum putusan musyawarah ini berkeadilan dan putusan ini adalah jawaban ikhtiar kami. Selama proses musyawarah yang diikuti adalah bentuk pertanggung jawaban kami terhadap para pendukung.”

Lanjut Fadhli, tentu kami akan mempersiapkan juga keterlibatan lebih aktif dalam upaya Termohon untuk melakukan  verifikasi ulang.

Sementara itu, menanggapi putusan Majelis Musyarawah Bawaslu Kota Bukittinggi, Ketua KPU Kota Bukittinggi, Heldo Aura mengatakan, “Kita akan pelajari dan teliti putusan ini sesuai dengan perundang-undangan. Hari ini kita akan langsung rapat pleno untuk bahas putusan ini.” (rir)