Headline

Peningkatan Kapasitas Guru Profesional Terus Digulirkan, PPG Gelombang Ke-3 dan Gurdasus Dimulai

Padang — Guru masa kini mesti mengasah siswanya berpikir kritis, komunikatif dan kolaboratif, pembelajarannya kikinian tidak hanya pada tataran menyimak dan mencatat. Pembelajaran yang dilaksanakan di kelas oleh guru profesional mesti membekali siswanya untuk menghadapi persoalan kehidupan nyata, tidak zamanya lagi menyiapkan siswa menyelesaikan soal-soal ketika ujian saja.

Hal itu disampaikan Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Negeri Padang, Dr Edwin Musdi saat membuka Sosialisasi Penilaian dan Serah Terima Mahasiswa PLK PPG Dalam Jabatan Angkatan 3 dan PPG Gurdasus, Senin (26/8/2019) di Aula Kamaludin Fakultas Ekonomi UNP.

Edwin Musdi menekankan agar guru profesional itu adalah guru yang mampu mendidik anak muridnya menjadi generasiyang mampu bersaing dan memiliki moral yang baik, seorang pendidik hendaknya memiliki prilaku yang baik yang mampu menjadi tauladan yang patut diikuti oleh siswa.

“Keprofesionalitas guru itu diantaranya mampu menjalankan tugasnya dengan baik,keprofesionalitas seorang guru sangat penting bagi peserta didik Karena guru mempunyai tugas yang sangat berat dalam mendidik, mengarahkan dan memotifasi peserta didik untuk menjadi siswa yang pandai dan bermoral,”

Dia menyebutkan peserta PLK PPG Dalam Jabatan Angkatan 3 dan PPG Gurdasus yang berjumlah 507 orang itu mengikuti arahan guru pamong sebaik-baiknya. “LP3M UNP akan terus mengevaluasi setiap peserta selama proses PPG berlangsung.

Sementara itu Koordinator Pendidikan Profesi Guru (PPG) LP3M UNP, Dr Waskito melaporkan PPG dalam Jabatan sebanyak 354 orang dan Gurdasus sebanyak 153 orang. Sementara jumlah sekolah yang terlibat tempat lokasi Praktek Lapangan Keguruan sebanyak 64 sekolah yakni TK/PAUD sebanyak 7 sekolah, SD (17), SMP (20) SMA (6 dan SMK (10) serta SLB sebanyak 4 sekolah.

Turu hadir dalam acara pembukaan Sosialisasi Penilaian dan Serah Terima Mahasiswa PLK PPG Dalam Jabatan Angkatan 3 dan PPG Gurdasus, selain perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar dan Kota Padang juga turut hadir para kepala sekolah TK/SD/SMP/SMA dan SMK yang dilibatkan dalam PPG Gelombang Ke-3 dan Gurdasus Tahun 2019. (Humas UNP/Agusmardi)