Headline

Ketua LKAAM Sumbar: Pilkada Damai, Aman dan Demokratis

Detaksumbar-  Padang – Pelaksanaan Pilkada Serentak Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota akan berlangsung pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Ketua LKAAM SUMBAR MEMGAHARAPKAN berjalan Damai, Aman dan Demokratis.

Dr. Drs. M. Sayuti Datuak Rajo Panghulu M.Pd. Ketua DPD dari unsur Lembaga Kerapataan Alam Minangkabau (LKAAM) menghimbau kepada anak dan kemenakan di Sumatera Barat untuk ikut berpartisipasi dan mensukseskan Pelaksanaan Pilkada 2020.

Pada Wartawan, Ketua LKAAM, Sayuti menyampaikan melihat pada pemilihan Presiden 2019 yang lalu, sempat merusak sendi-sendi kehidupan pada masyarakat minang dan membuat kelompok masyarakat menjadi terpecah.

“Saya melihat pada pilpres 2019 lalu telah merusak sendi-sendi pada kehidupan yang terjadi perpecahan di tengah masyarakat, kita harapkan pada Pilkada 2020 itu tidak terjadi lagi”, ujarnya Selasa (21/7/2020).

Untuk menyongsong gelaran Pilkada 2020 meski dalam keadaan pandemi Covid 19, Sayuti menghimbau kepada Sanak dan Kemenakan baik yang berada di ranah maupun di rantau untuk ikut mensukseskan Pilkada 2020 pada Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Sayuti juga mengingatkan, Pilkada di masa pandemi Covid 19 untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan filosofi Minang yaitu Adat Basandi Syara- Syara Basandi Kitabullah (ABS-SBK)

“Syara mengatoan dan memakai alam takambang menjadi guru, untuk itu mari kita sukseskan Pilkada 2020 ini yang aman, damai, demokratis dan badunsanak”, ujarnya.

Diketahui KPU telah mensosialisasikan Gerakan Klik Serentak (GKS) yang dimulai pada tanggal 15 Juli lalu dengan pariwara keliling oleh PPS dan PPDP, dengan memberi himbauan pada masyarakat melalui mesjid, serta pemasangan spanduk disetiap kelurahan di Sumbar.

Selain Gerakan Klik Serentak (GKS) dan Gerakan Coklit Serentak (GCS), saat ini KPU juga tengah melakukan verifikasi faktual (Verfak) untuk Calon Independen. (**)