Headline

Raihan Antar Tim Donker PNP Juara 1 Lomba Pembuatan Media Informasi di Kominfo Sumbar

DetakSumbar- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar lomba pembuatan media informasi agro eco-tourism, Desember 2017. Perlombaan kali ini mengangkat tentang padi salibu yang ada di Pariangan.

Dari hasil perlombaan, tim Donker dari Politeknik Negeri Padang yang diketuai Raihan Al Karim ini berhasil menyabet juara 1 pada perlombaan pembuatan media informasi ini. Dua anggota lainnya yakni Afif Fakhri dan M. Niko Firdaus.

Dikatakan Raihan, ia berhasil memenangkan perlombaan ini berkat kerja sama tim serta kekompakan dalam memproduksi website itu, dan sudah membagi tugas dalam perancangan website tersebut.

“Tidak hanya media informasi saja. Tapi kita merancang sekaligus dua website, yakni website seputar padi salibu serta website jual beli (e-commerce) di Pariangan,” ujar Raihan seusai penyerahan hadiah di lantai 2 gedung Kominfo Sumbar, Senin (29/1).

Donker Tim berhasil meraih total nilai sebanyak 705 poin. Sedangkan 351 tim yang berhasil mendapat juara 2, berhasil meraih 643 poin, dan juara 3 yang diraih oleh Pegiat TIK, berhasil meraih 607 total poin.

Pada perlombaan tersebut, dinilai oleh tiga orang dewan juri yakni dari Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) Sumbar Yuhefizar, dari Diskominfo Sumbar Indra Sukma, serta dari Dinas Pariwisata Sumbar Yonisman.

“Dari awal, kita sudah membagi tugas dalam memproduksinya. Baik merancang web, mendesain logo, membuat videonya untuk diunggah ke youtube, baik ngodingnya. Berkat kerja keras, Alhamdulillah kami berhasil mendapat juara 1,” ujar Raihan yang juga Manajer IT dan Reporter di Padang ini.

Pada saat penyerahan hadiah, juga turut hadir Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, serta Kepala-kepala Dinas dalam rangka sekaligus peresmian gedung baru Diskominfo Sumbar yang berada di Jalan Pramuka Raya Nomor 11, Lolong Belanti, Padang Utara itu.

Tak hanya lomba itu. Beberapa lomba juga digelar Diskominfo Sumbar seperti lomba pembuatan modul pembelajaran offline, lomba penulisan artikel, serta lomba masak menu ikan melalui video/youtube.

Pada lomba pembuatan modul pembelajaran offline, Juara 1 diraih oleh Veras Tuti, juara 2 diraih oleh Yulia Fransiska dan juara 3 diraih oleh Yessi Saputri.

Selanjutnya, pada perlombaan penulisan artikel, juara 1 berhasil diraih oleh Siri Antoni dari LKBN Antara Biro Sumatera Barat, juara 2 berhasil diraih oleh Rafdi Sufi Alfawi, sedangkan juara 3 diraih oleh Anissa Sufi Husna.

Tak hanya itu, pada lomba masak menu ikan melalui video/youtube, juara 1 diraih oleh SMKN 1 Padang (Pangek Lapuak Ikan Gambolo), juara 2 diraih oleh SMKN 1 Sumbar (Pangek Darek Bada), sedangkan juara 3 diraih oleh Osis SMKN 1 Padang (Pangek Masin).

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Sumbar, Yeflin Luandri mengharapkan, dengan diberikan penghargaan berupa sertifikat dan tabanas, diharapkan menjadi pendorong bagi pemenang. (*)