Headline

Rakyat Sumbar Gelar Sayembara Menulis Berhadiah Rp 12 Juta

 

Detaksumbar.com- Padang—Harian Umum Rakyat Sumbar menggelar sayembara menulis, berhadiah total Rp 12 juta. “Sayembara ini, sejalan dengan momentum Hari Pers dan seratus sepuluh tahun PT Semen Padang,” kata Firman Wan Ipin, Ketua Panitia, kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, Harian Umum Rakyat Sumbar memiliki komitmen untuk mengembangan serta meningkatkan literasi membaca dan menulis kepada masyarakat. Apalagi, tahun 2019, memperoleh Anugerah Literasi Sumatera Barat untuk kategori Media dan seorang binaan Bengkel Literasi Rakyat Sumbar memperoleh Anugerah Literasi Sumatera Barat untuk kategori Media
Panitia menyediakan hadiah berupa sertifikat dan uang tunai. Total hadiah, Rp 12 juta. Rinciannya, juara I memperoleh Rp 5 juta, juara III Rp 3 juta, juara III Rp 2 juta. Empat hadiah hiburan, masing-masing Rp 500 ribu.

Menurut Sukma Murdani, Sekretaris Panitia, sayembara ini memiliki tema; 110 Tahun Semen Padang Membangun Negeri. Naskah yang ditulis tidak bertentangan dengan SARA. Setiap naskah yang dikirimkan kepada panitia terlebih dahulu harus dimuat di media cetak atau media online, mulai 1 Februari – 14 Maret 2020. Kliping atau bukti tayang di media cetak atau media online dikirimkan bersamaan dengan materi asli dalam bentuk softcopy, ke email panitia; literasi.110sp2020@gmail.com, dengan panjang naskah 3-5 halaman kuarto, font Times New Roman, ukuran 12, spasi ganda. Setiap peserta dibatasi maksimal hanya boleh mengirimkan 5 (lima) naskah tulisan yang sudah dimuat di media cetak atau media online. Naskah diterima paling lambat, Sabtu 14 Maret 2020, pukul 17.00 WIB. Setiap naskah harus disertai judul.

Tiga orang juri akan menilai naskah yang masuk. Ketiga juri tersebut, Firdaus Abie, General Manager dan Pemimpin Redaksi Harian Umum Rakyat Sumbar. Khairul Jasmi, Pemimpin Redaksi Singgalan yang juga Komisaris PT Semen Padang, serta Hendra Makmur yang sehari-hari Korwil Sumatera AJI dan wartawan senior.
Pengumuman pemenang pada Rabu, 18 Maret 2020. Penyerahan hadiah dilakukan sehari kemudian, bersamaan dengan rangkaian HUT ke-110 PT Semen Padang.