Headline

Ribuan Masyarakat Sawahlunto Mengikuti Jalan Sehat Sejauh 5 Kilo

Detaksumbar.com — Ribuan masyarakat Sawahlunto mengikuti jalan sehat sejauh 5 kilometer. Dari pagi masyarakat sudah memadati Lapangan Segitiga, secara kompak mengenakan pakaian merah putih.

Nuansa merah putih tersebut memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, yang mana Sawahlunto merupakan salah satu kota bagian dari sejahtera pejuang di Indonesia.

Salah seorang warga yang mengenakan pakaian merah putih, Desi mengatakan dia datang dengan keluarganya untuk mengikuti kegiatan jalan sehat tersebut.

“Kami warga di Sawahlunto masih merayakan dan memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Bisa dikatakan selalu warga di Sawahlunto berkumpul dan mengikuti kegiatan jalan sehat yang diselenggarakan oleh BUMN Hadir untuk Negeri,” katanya, Sabtu (18/8/2018).

Ia mengaku suasana kekompakan warga untuk ikut memeriahkan hari kemerdekaan ini, terlihat pada jalan sehat pagi. Meski iven sering diselenggarakan di Sawahlunto, namun keterlibatan masyarakat tidak seramai hari ini.

Sementara itu, General Manejer PT. Bukit Asam, Nan Budiman, yang merupakan BUMN yang mendapatkan amanah menjalankan rangkaian kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di Sumatera Barat, mengatakan, peserta jalan sehat yang diselenggarakan di Kota Sawahlunto, membludak atau melebihi dari target yang direncanakan.

“Kita merencanakan 1.000 peserta jalan sehat. Ternyata dari hitung-hitungan kaos merah putih yang disediakan panitia habis, dan masih banyak peserta yang tidak mendapatkan kasih yang kita berikan secara gratis itu,” ujarnya.

Ia melihat semangat masyarakat di Sawahlunto dalam mengikuti sejumlah kegiatan yang berhubungan dengan hari Kemerdekaan Indonesia ini, sangat tinggi. Membludaknya peserta, adalah bukti bahwa masyarakat di Sawahlunto cinta Indonesia.

Menurutnya, kegiatan jalan sehat sepanjang 5 km itu, tidak hanya sebagai cara melakukan hidup sehat saja. Tetapi juga sembari bentuk city Tour mengenal tempat-tempat bersejarah di Sawahlunto. Karena rute yang dilalui melintasi wisata Lubang Mbah Suro.

Untuk hadiah yang akan didapatkan bagi peserta jalan sehat 5 km ini, mulai dari hadiah utama satu unit sepeda motor mati, kulkas, TV LD, mesin cuci, dan sejumlah hadiah lainnya.