Headline

Ruas Jalan di Kota Painan Terkepung Banjir

Detaksumbar.com- Sejumlah ruas jalan di Kota Painan, Kacamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat juga terkepung banjir, Kamis 11 Oktokber 2018 sore.

Ruas jalan yang terkepung banjir diantaranya Jalan Pagaruyung belakang RSUD Painan, jalan Abdul Muis Painan, jalan AR Hakim Painan dan sejumlah ruas jalan kota lainnya yang terdapat di Kota Painan.

Akibat banjir ini, akses jalan warga untuk beraktivitas manjadi terganggu. Sebab, banjir yang menggenangi jalan tersebut cukup tinggi mencapai 15 centimeter hingga 30 centimeter di bahu jalan.

“Salah satunya akibat tidak lancarnya saluran drainase. Jadi karena debit hujan tinggi, pembuangan airnya tidak terkontrol,” sebut Adli salah seorang warga.

Dia menjelaskan, kondisi banjir yang terjadi di sekitar jalan Kota Painan tersebut sudah sering terjadi. Bahkan, jika debit hujan tinggi, genangan banjir sampai ke rumah warga.

“Ada juga rumah warga yang terendam. Karena memang daerahnya rendah. Dan saluran drainasenya yang kecil,” terang Adli.

Warga berharap, dengan kondisi banjir sering terjadi di daerah itu, agar Pemda mengatasinya. Sebab, dengan buruk saluran drainase kota mengakibatkan, aktivitas warga terganggu saat hujan.

“Kita meminta, agar perhatian lebih Pemda ada untuk menyikapi ini. Terutama secara teknis kepada Dinas PU berupaya mengatasi drainase kota,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Pessel, Herman Budiarto menanggapi, banjir yang mengepung jalan di sekitar Kota Painan tersebut sudah hampir sering terjadi. Sebab, sejumlah titik jalan yang terendam tersebut, berada di titik rendah.

“Kawasannya memang daerah rendah, jadi sedikit saja hujan, air tergenang. Tapi, itu kondisi hanya sebentar. Jika hujan berhenti, airnya akan berangsur surut,”pungkasnya.