Headline

Satu Warga Sungai Geringging Positif Covid 19, Pulang Dari Jakarta

Detaksumbar-Kasus positif Covid 19 di Kabupaten Padang Pariaman kembali bertambah, kali ini menimpa seorang pemuda berinesial AS (25) warga Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman Yutriadi Rivai menyebut, AS dinyatakan positif Covid 19, setelah hasil Swabnya dikeluarkan labor FK Unand, Kamis (6/6).

“Saya barusan mendapatkan informasi langsung dari pihak labor FK Unand, terkait status warga sungai geringging itu dimana hasil swabnya positif,” tutur Yutriadi.

Lebih jauh Yutriadi menyebut warga Sungai Geringging berinesial AS itu merupakan perantau yang baru pulang dari daerah terjangkit yakni Jakarta Rabu (3/6) lalu, melalui jalur Udara. Sehingga diduga ia terpapar Covid 19 dari warga Jakarta.

Pasien AS lolos pulang kampung saat pemeriksaan di Bandara, baik di Jakarta maupun Bandara Internasional Minangkabau, meskipun Swabnya diambil oleh petugas dibandara, namun ia tetap diperbolehkan pulang kekampung halamannya di Sungai Geringging dan seharusnya AS ditahan menunggu hasil swabnya keluar. Sementara, petugas Bandara pun tidak menginformasikan kepulangan warga itu kepada petugas di Kabupaten Padang Pariaman, sehingga pasien AS terlambat dilakukan isolasi.

“Kita kecolongan dengan kasus baru positif Covid 19 yang meninpa seorang warga Sungai Geringging itu, Jika saja petugas dari bandara cepat menginformasikan kepada kita di Padang Pariaman tentu kita akan cepat melakukan tindakan, sehingga pasien AS tidak berkeliaran selama dikampungnya. Bahkan informasinya pasien AS sudah berkeliaran kemana-mana,” sambung Yutriadi.

Untuk mengantisipasi penularan Covid 19, Pasien AS langsung dibawah petugas ke Padang Besi Kota Padang untuk diisolasi.

Tidak hanya itu, petugas penanganan Covid 19 Padang Pariaman juga akan melalukan tracking terhadap warga yang melakukan kontak dengan pasien. Masyarakat sungai Geringging pun dimintah untuk jujur jika pernah melakukan kontak dengan AS pasien positif Covid 19 itu, agar dapat dilakukan pengambilan Swab untuk mengetahui apakah positif atau negatif Covid 19.(*)