Headline

Taslim: Sejahterakan Rakyat Dulu, Baru PAD Bisa Meningkat

PADANG —Bakal calon Bupati Agam Taslim Dt Tambogo, SSi, SH tampil percaya diri saat memaparkan visi misi dirinya di hadapan tim panelis DPD Gerindra Sumbar, yang diadakan di Hotel Kyriad Bumiminang, Padang, Selasa (28/1).

Secara terbuka, Taslim mengakui dirinya hanya menyempurnakan visi yang sudah dibuat oleh Bupati Agam terdahulu. “Bila sebelumnya Agam miliki visi Agam Madani, jadi saya sempurnakan visi ini menjadi Agam Madani dan Sejahtera,” ungkap Taslim.

Dari visi yang ia buat itu, Taslim mengaku diaplikasikan dalam program kerjanya yang menyangkut tiga aspek. Pertama, aspek pembangunan sumber daya manusia (SDM), kedua aspek pertanian dan, ketiga aspek tata kelola pemerintahan.

“Untuk aspek pembangunan SDM, dimana sumber daya manusia-nya di Agam lebih memahami nilai-nilai agama dan sejarah. Selain itu saya juga inginkan SDM di Agam mampu bersaing di tingkat global,” kata mantan Anggota DPRD Sumbar 2 periode itu.

Mengenai aspek peningkatan bidang ekonomi, Taslim menilai berbagai sektor yang bisa dioptimalkan dan dikorelasikan misalnya sektor pariwisata, pertanian, dan industri kecil.

Kenapa sektor wisata yang akan saya majukan, karena di Agam juga punya potensi wisata alam mulai dari Danau Maninjau, perbukitan dan wisata alam pegunungan bahkan hingga kerajinan ukiran perak dan sulaman Koto Gadang, tidak terkecuali lahan pertanian.

Tidak itu saja, lanjutnya, Agam juga punya potensi wisata sejarah, mengingat di Agam ini terdapat beberapa tempat pusat perjuangan, dimana pernah terjadi Perang Paderi, Perang Manggopoh dan Perang Kamang, yang melawan penjajahan.

Tidak ketinggalan nama-nama besar pelaku sejarah Republik Indonesia berasal dari Agam. Sebutlah, kata alumni Kimia Unand ini, Buya Hamka, H. Agus Salim, Roehana Kudus, dan banyak lainnya.

“Untuk itu nilai-nilai sejarah yang dimiliki Kabupaten Agam ini tidak boleh hilang, dan perlu dihidupkan kembali sehingga Agam itu tetap menjadi tempat pejuang, dan hal ini bisa menjadi motivasi bagi generasi muda Agam nantinya yang bisa menjadi tokoh-tokoh nasional dan mendunia,” terang Taslim.

Lebih jauh lagi Taslim menyampaikan dari berbagai tempat-tempat wisata seperti itu, bisa memunculkan industri kecil (UMKM). Dimana hal ini akan menggerakkan pertumbuhan ekonomi pelaku UMKM dan masyarakat.

“Coba bayangkan, jika tempat-tempat wisata yang saya sebutkan tadi dibenahi dan ditata secara baik, bukan tidak mungkin hal ini bisa meningkatan pendapat masyarakat sehingga sasaran akhirnya bisa meningkatkan PAD bagi Agam,” urai mantan anggota Badan Anggaran DPR RI itu.

Tidak itu saja, dalam konsep yang dibuat Taslim untuk Agam ke depan yakni bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bila masyarakat telah sejahtera baru kita bisa meningkatkan PAD.

“Bagaimana bisa mendapatkan PAD tinggi apabila masyarakatnya belum sejahtera. Makanya bila saya jadi bupati nanti, saya juga akan fokus bekerja untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tukas Taslim.

Sementara mengenai aspek pemerintahan, Taslim punya target, yakni meningkatkan SDM aparatur daerah Agam di berbagai OPD yang ada. “Bila SDM aparatur baik, maka bidang pemerintahan bisa jadi akuntabel dan bersih,” imbuhnya.

Taslim juga menekankan, selain membuat tindakan cepat juga harus tepat. Apa gunakannya dilakukan tindakan cepat sementara tidak tepat sasaran.

Ia akan buat program beasiswa untuk pendidikan lanjutan, terutama program S2 dan S3 bagi para sarjana yang berprestasi. Mereka itu nantinya akan menjadi agent marketing bagi Kabupaten Agam.

“Sebab melalui SDM mereka inilah nanti Agam bisa dikembangkan melalui pemikiran-pemikiran brilian mereka tentang bagaimana ‘menjual’ Agam di nasional maupun internasional,” kata Taslim.