Headline

TEAM M-DOS Teknik UNP Unjuk Kebolehan di Kota Malang

Detaksumbar.com- Padang — Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri diwakili Wakil Rektor 3, Prof Ardipal, Rabu (18/9/2019) pagi, melepas secara resmi Team M-Dos UNP menuju Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019, yang berlangsung di Universitas Negeri Malang pada 24-28 September mendatang.

Dalam kontes tahun ini, UNP mengirimkan satu team yang akan unjuk kebolehan dalam memberikan sumbangan solusi pengembangan teknologi pemanfaatan energi di negeri tercinta ini. Team yang menjadi duta UNP itu adalah Team M-Dos Teknik , dibawah bimbingan dosen Fakultas Teknik UNP, Rifdarmon, S.Pd, M.PdT. Mahasiswa itu adalah, Denny Rahmad sebagai Manajer tim, Mhd Ravi Saputra sebagai driver, Dwi Sakti Putra, M Fadhil Zain, Frandika Naury, Adytio Fannoveli, Muhammad Ariqsyah, Rahima Zakia, Tika Junita, Halimatun Sa’adah dan Angger Raja Prakarsa.

KMHE 2019 merupakan sebuah lomba mobil irit tingkat nasional yang diwadahi tiap tahun oleh Belmawa Ristekdikti.Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari seluruh Universitas/Institut/Politeknik di Indonesia yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh panitia. Kemampuan untuk merancang dan membangun kendaraan yang irit, aman, dan ramah lingkungan merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seluruh peserta dalam kegiatan ini. Peserta dituntut agar mampu menggunakan kreatifitasnya dalam mewujudkan karya nyata berupa kendaraan yang akan dilombakan.

WR 3 UNP, Prof Ardipal hadir di Ballroom Hospitality Lt 4 UNP untuk melepas Team M-Dos karena pada KMHE 2018 lalu, UNP selain sukses sebagai penyelenggara terbaik Nasional, team UNP juga berhasil menaiki podium dengan menyabet dua penghargaan sekaligus juara dua pada kelas prototype diesel dan pendatang terbaik pada kategori off the track.

Acara pelepasan Team M-Dos ke ajang KMHE 2019 berlangsung hikmat. Selain dari dukungan universitas, Team M-Dos yang fokus di kategori prototype, kendaraan masa depan dengan desain khusus yang memaksimalkan efisiensi itu juga mendapat dukungan dari manajer Pertamina Sumbar Riau, Aribawa. Dukungan Pertamina kepada Team M-Dos UNP untuk menunjukkan apresiasi Pertamina kepada hal penghematan bahan bakar.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Rifdarmon, mengatakan KMHE merupakan kegiatan yang diadakan untuk menguji kemampuan merancang dan membangun kendaraan yang aman, irit dan ramah lingkungan. KMHE ini merupakan kegiatan rutin agenda Ditjen Belmawa-Kemristek Dikti yang dari awal lebih dikenal dengan nama Indonesia Energy Marathon Challenge(IEMC).

“Diantar empat team UNP yang ikut seleksi hanya satu team yang dinyatakan lolos seleksi, team itu adalah Team M-Dos UNP turun di kelas prototipe Diesel,” ujar Rifdarmon.

Secara terpisah Rektor UNP, Prof Ganefri setelah melihat keseriusan Team M-Dos mengatakan, apa yang mereka dedikasikan untuk memberikan alternatif solusi bagi masalah energi nasional saat ini, tentu akan memberikan efek positif dalam pengembangan kendaraan masa depan yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

“Inovasi yang ditunjukan yang umumnya mahasiswa FT UNP paling tidak meningkatkan kreativitas, disiplin, soft skil dan hard skillnya, tentu mereka juga menjadikan sivitas akademika UNP bangga,” katanya. (Agusmardi/Humas UNP)