Headline

Terpanggil Membangun Kampung Halaman, Taslim Daftar Jadi Bakal Calon Bupati ke Gerindra Agam

AGAM –Dengan diantar puluhan ninik mamak, tokoh masyarakat dan simpatisan lintas partai, mantan anggota DPR RI Taslim Dt Tambogo, SSi, SH mendaftar sebagai calon Bupati Agam ke Partai Gerindra, Jumat (15/11). Pendaftaran itu bertempat di kantor DPC Partai Gerindra Agam di Jorong Pintu Kabun Kenagarian Kamang Hilir Kecamatan Kamang Magek.

Taslim beserta rombongan diterima Ketua Panitia penjaringan calon bupati dan wakil bupati DPC Partai Gerindra Agam Mawardi dan setelah menyerahkan segala persyaratan admistrasi, maka secara resmi Taslim menjadi salah satu calon bupati yang telah mendaftar ke Partai Gerindra yang menjadi pemenang Pileg 2019 lalu di Kabupaten Agam.

Adapun perolehan kursi di DPRD Agam pada Pileg 2019 lalu, Partai Gerindra sebanyak 9 kursi, PKS 7, Demokrat 7, PAN 6, Golkar 5, PPP 5, Nasdem 2, PBB 2, Berkarya 1 dan Hanura 1 kursi. Berdasarkan aturan, pasangan calon diusung minimal 20% kursi partai atau gabungan partai. Jadi untuk mengusung pasangan calon di Pilkada Agam 2020, minimal 9 kursi.

Disampaikan Taslim kepada media sesudah pendaftaran, keinginan maju menjadi calon Bupati Agam tidak lain karena terpanggil untuk membangun kampung halaman. “Pembangunan Kabupaten Agam di bawah kepemimpinan Pak Indra Catri sudah baik, mudah-mudahan ke depan bisa lebih baik lagi,” ujar putra Sungai Angek Kenagarian Simarasok Kecamatan Baso itu.

Saat pendaftaran Taslim selesai, tiba rombongan Ketua DPD PAN Agam Andri Warman (AWR) yang juga ikut mendaftar ke Partai Gerindra Agam sebagai calon bupati. Hal ini disikapi Taslim, bahwa di internal PAN itu berdemokrasi itu sangat dinamis. “Semua kader memiliki peluang yang sama untuk mencalonkan diri menjadi kepala daerah,” ujarnya.

Begitu juga, ungkap mantan Sekretaris DPW PAN Sumbar itu, siapa yang akan diusung PAN menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Agam akan ditentukan berdasarkan keputusan DPP PAN nantinya, yakni yang dianggap memiliki kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni untuk memimpin Agam. “DPP akan memiliki penilaian dan kriteria tersendiri nantinya untuk memutuskan siapa yang akan diusung,” ujar alumni FMIPA Unand itu.

Taslim yang pernah dua periode menjadi anggota DPRD Sumbar dari dapil Agam, dan juga anggota DPR RI periode 2009-2014, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Agam. Kepedulian dan komitmennya untuk membangun Agam sudah terukur. Banyak proyek-proyek infrastruktur yang diperjuangkan Taslim untuk Kabupaten Agam.

Jumat tanggal 15 November 2019 merupakan hari terakhir pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati di Partai Gerindra. Sebelum Taslim dan AWR, sudah mendaftar Syamsul Bahri, Bandaro Labiah, HM Kasni dan Dafriyon. (Tim TC)