Headline

Tim PBB Siaga Covid-19 Ajak Masyarakat Bukittinggi Dukung Kelurahan Siaga

Bukittinggi – Sejak dibentuk struktur kepengurusan organisasi dan program kerja pada hari Minggu, 29 Maret 2020, Tim Pengelola Bantuan Bencana (PBB) Kota Bukittinggi langsung melakukan aksi tanggap darurat bencana penanggulangan penyebaran virus corona.

PBB yang terdiri dari gabungan organisasi, masyarakat dan unsur pemerintah seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI-Polri Indonesia (FKPPI), Aksi Capat Tanggap (ACT), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Tokoh Masyarakat, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Ketahanan Bencana Lingkungan Kelurahan (KBLK) Sampiran, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Tikam serta Jurnalis Peduli Bencana di Kota Bukittinggi.

Menurut Sekretaris PBB Bukittinggi, Reynaldo bahwa sejak dibentuk kepengurusan dan penetapan program kerja, PBB Bukittinggi langsung melakukan aksi tanggap darurat di Kelurahan Sampiran, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh. Bentuk kegiatan yang telah terlaksana sejak hari Senin, 30 Maret 2020, membentuk Pos Kelurahan Siaga Covid-19 diantaranya, penyemprotan disinfektan dilingkungan permukiman, sosialisasi penanggulangan tentang bahaya penyebaran virus corona melalui pengeras suara (Toa) masjid dan mushala setiap hari, seperti mengurangi aktivitas diluar rumah, menjaga jarak 1-2 meter saat komunikasi, tidak berjabat tangan, mencuci tangan sebelum masuk rumah serta melaporkan data pendatang di Pos Kelurahan Siaga Covid-19 Sampiran. Kamis, (02/04).

Reynaldo, yang juga selaku Seksi Pencegahan Kesiapsiagaan/Penyuluh Bencana, di BPBD Bukittinggi menambahkan, “Kegiatan ini adalah termasuk kegiatan pembinaan dan percontohan Kelurahan Siaga Covid-19 di Kelurahan Sampiran. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran serta kesiapsiagaan masyarakat dalam menangani virus corona. Ini akan berlangsung terus menerus hingga masyarakat di Kelurahan Sampiran mandiri serta tanggap terhadap bencana Covid-19.”

Setelah itu terlaksana dengan baik, lanjut Reynaldo, kita akan membentuk Kelurahan Siaga Covid-19 di Kelurahan-Kelurahan lain di Kota Bukittinggi.

“Kita berharap juga kepada masyarakat yang memiliki rezeki berlebih untuk membantu Tim PBB Siaga Covid-19 dalam bentuk dana yang bisa disalurkan langsung ke Posko Siaga Covid-19 di Rumah Makan Sabana, di Samping Lapangan Kantin/Wirabraja, Kota Bukittinggi.

Sementara itu Ketua Tim PBB Siaga Covid-19 Kota Bukittinggi, Taufik Dt. Nan Laweh mengatakan, “Dalam rangka menjalankan amanah UU Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana dan Surat Keppres RI Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona maka bergerak cepat Tim PBB Siaga Covid-19 Kota Bukittinggi. Sebenarnya PBB ini sudah terbentuk sejak tahun 2018 dibawah naungan Forkopimda Bukittinggi.”

Lanjut Taufik, intinya kita mendukung kegiatan pemerintah dalam penanggulangan dan meminimalisir penyebaran virus corona, seperti yang telah kita laksanakan di Kelurahan Sampiran. Semua kegiatan PBB Siaga Covid-19 Kota Bukittinggi ini sifatnya sosial dan bertanggung jawab.

Taufik Dt. Nan Laweh yang juga menjabat selaku Ketua FKPPI Bukittinggi menambahkan bahwa semua kegiatan sosial ini dilakukan dibawah koordinasi BPBD Kota Bukittinggi, sehingga kegiatan ini terarah dan mempunyai tujuan yang sama dalam memberantas virus corona.

“Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Bukittinggi agar dapat ikut berpartisipasi dalam bentuk apapun, baik tenaga maupun donasi materi ke Tim PBB Siaga Covid-19. Saya selaku Ketua siap mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan sosial agar kita semua dapat segera terhindar dari serangan virus corona.” ujarnya. #semuaterlibatsemuaselamat
(Rizky)